Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR LODEH BUMBU DESA GURIH DAN LEZAT

Selasa, 06 Mei 2014 0 komentar

Sayur Lodeh Bumbu Desa - Assalamualaikum wr wb dan salam sedap. Halo ibu-ibu dan pembaca dirumah, penulis kembali lagi untuk membagikan resep makanan dan minuman dengan rasa yang lezat dan tentunya spesial. Penulis tak lupa untuk mengajak semua pembaca untuk beryukur dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan selalu kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat menghidangkan masakan spesial dimeja makan dirumah ibu-ibu sekalian. Kali ini penulis akan memberikan masakan yaitu sayur lodeh dengan bumbu desa. Sayur lodeh bumbu desa ini adalah suatu jenis masakan pelengkap ketika makan nasi dimana dibuat dari beberapa jenis sayuran yang dimasak berkuah dengan menggunakan santan dn menjadikan masakan yang satu ini sebagai masakan favorit dirumah. Dalam membuat masakan ini sangtlah simple jika ibu-ibu dirumah ingin mencobanya, penulis juga akan membagikan secara lengkap bahan-bahan yang dipakai dan cara pengolahannya.
Bahan :
  1. 1 buah kluwih yang masih muda (buang kulitnya kemudian potong kecil sesuai selera)
  2. 2 buah kacang panjang (potong kecil)
  3. 20 gr tempe
  4. 7 siung bawang merah
  5. 5 siung bawang putih
  6. 7 buah cabai merah (sesuai selera)
  7. 1 sdm ketumbar (tumbuk halus)
  8. 3 butir kemiri
  9. 1 sdm gula merah
  10. 2 sdt garam halus
  11. 1,5 liter santan kelapa (750 ml santal kental dan 750 ml santan encer)
  12. 2 lembar daun salam
  13. 1 ruas lengkuas ukuran 2 cm (geprek)
Cara membuatnya :
  • Mula-mula kita akan haluskan terlebih dahulu bahan seperti tempe, bawang merah dan putih, cabe merah, kemiri serta ketumbarnya.
  • Kemudian panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus tadi, kemudian kita masukkan juga daun salam dan lengkuas sambil terus diaduk rata agar bumbu tercampur rata dan tidak gosong.
  • Selanjutnya kita tuangkan 750 ml santan encer dan masukkan juga potongan buah kluwih lalu masak dan diamkan sampai kluwih terasa empuk.
  • Setelah dirasa kluwih sudah empuk, masukkan juga santan kental, gula merah dan garam sambil dicicipi rasa masakan. Masak hingga mendidih dan usahakan agar santan tidak pecah.
  • Terakhir, sajikan sayur lodeh dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih yang hangat dan lauknya juga.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sayur lodeh bumbu desa gurih dan lezat ini. Semoga resep hidangan pelengkap satu ini banyak memberi manfaat kepada ibu-ibu dan pembaca yang ada dirumah bila ingin menghidangkan masakan spesial untuk keluarga kesayangan dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR LODEH BUMBU DESA GURIH DAN LEZAT

Sayur lodeh bumbu desa ini adalah suatu jenis masakan pelengkap ketika makan nasi dimana dibuat dari beberapa jenis sayuran yang dimasak berkuah dengan menggunakan santan dn menjadikan masakan yang satu ini sebagai masakan favorit dirumah. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar