Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT COMBRO ENAK DAN GURIH KHAS BANDUNG

Minggu, 30 Juni 2013 2 komentar
 

Salah satu panganan atau makanan khas Indonesia lainnya yaitu combro. combro adalah panganan yang sangat khas dari daerah Bandung, Jawa Barat. Combro memiliki bahan dasar berupa singkong yang diparut halus kemudian di bentuk lonjong dan diberi isian berupa sambel oncom yang kemudian dogoreng hingga matang,oleh sebab itu mengapa masyarakat menyebutnya combro karena singkatan dari Oncom di jero atau dalam bahasa sunda yang memiliki arti Oncom didalam. Combro yang berbentuk bulat lonjong ini sering disebut juga comro atau gemet.
Di daerah Karawang ada jenis combro yang memiliki nama aneh seperti combro setan, combro jenis ini hanya penamaannya saja yang berbeda tapi memiliki rasa yang sama dikarenakan untuk strategi bisnis saja. Combro jenis ini lumayan pedas, hanya beda pada rasa pedasnya saja dengan combro pada umumnya. Itulah mengapa dinamakan combro setan dikarenakankan memiliki rasa yang sangat pedas.
Mengenai rasa, combro memiliki cita rasa yang enak dan gurih bila disantap dalam keadaan hangat dan diberi sambal agar combro lebih lezat. Untuk membuat combro tidaklah sulit.
 

Bahan-bahan :

1. 1 kg singkong (kupas kulitnya lalu bersihkan).
2. 150 gr kelapa.
3. 3 sdm tepung kanji.
4. 2 btg daun bawang (iris tipis).
5. 1 sdm garam halus.
6. minyak goreng secukupnya.

Bahan-bahan untuk isian :

1. 300 gr oncom (diulek kasar).
2. 3 siung bawang putih.
3. 3 siung bawang merah.
4. 1 btg daun bawang (iris tipis).
5. 5 bh cabai merah.
6. 1 sdt merica bubuk.
7. garam halus secukupnya.
8. gula pasir secukupnya.

Cara membuat :

  1. Pertama, parut singkong yang sudah dicuci dan dibersihkan kemudian peras parutan singkong bila masih memiliki kandungan air, lalu parut juga 150 gr kelapa tadi. Setelah diparut, Campurkan kedua parutan tadi lalu masukkan tepung kanji, daun bawang yang telah diris dan garam. kemudian Aduk-aduk hingga adonan merata, lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluskan bahan untuk isian combro antara lain bawang putih, bawang merah, dan cabai, kemudian siapkan wajan dan tumis hingga harum. Setelah itu masukkan oncom, daun bawang, merica, garam dan gula pasir lalu masak hingga semua bahan tercampur merata. Setelah matang lalu angkat dan tiriskan bahan isian combro ini.
  3. Untuk cara membuat combro, mula-mula ambil adonan singkong yang telah dicampur tadi kira-kira segumpal tangan, lalu pipihkan kemudian beri isian oncom yang sudah ditumis tadi. Selanjutnya gulung adonan hingga isian oncom tad tertutup merata. Kemudian bentuk adonan combro membentuk bulat lonjong.
  4. Lakukan untuk semua adonan singkong hingga habis.
  5. Terakhir, siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng. Goreng semua adonan combro yang sudah diberi isian tadi hingga matang kecoklatan. Setelah combro matang, angkat dan sajikan combro diatas piring saji.
Combro nikmat disantap dengan sambal cocolan bersama dengan teh hangat. selamat mencoba resep dan cara membuat combro enak dan gurih khas kota Bandung.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Waah mantap ni infonya !!!!!!!!

Unknown mengatakan...

Hai kelas 9:)

Posting Komentar