Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT RISOLES ENAK DAN GURIH KHAS JAKARTA

Sabtu, 06 Juli 2013 0 komentar
Risoles adalah sejenis makanan cemilan atau jajanan khas dari daerah Jakarta, Indonesia. Risoles dalam bahasa Belanda disebut rissole, yaitu pastri yang berisi daging cincang serta sayur-sayuran yang digulung dadar yang kemudian diberi lapisan tepung panir lalu digoreng hingga kecoklatan. Isi dalam risoles bisa berupa potongan daging sapi cincang, daging ayam, daging ikan atupun udang, serta sayur-sayuran seperti kentang, wortel maupun jamur kancing. Untuk kulit dadar pada risoles dapat dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, kuning telur serta air susu.
Ada 2 jenis risoles yang sangat dikenal di Indonesia, yang pertama risoles dengan isian sayuran lalu dicampur dengan daging cincang, dan yang kedua risoles dengan isian ragout atau potongan-potongan wortel, kentang dan sayuran lainnya. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai resep dan cara membuat risoles khas Jakarta.

Bahan untuk isian risoles :

1. 2 buah wortel (bersihkan kemudian potong dadu kecil).
2. 2 buah kentang (bersihkan kemudian potong dadu kecil).
3. 300 gram suwiran daging ayam goreng.
4. 2 butir telur.
5. 4 siung bawang merah (cacah halus).
6. 4 siung bawang putih (cacah halus).
7. 1 cangkir susu cair.
8. 1 cangkir air matang.
9. ½ cangkir terigu (larutkan dalam air secukupnya).
10. Garam secukupnya.
11. Gula pasir secukupnya.
12. ½ sdt merica bubuk.
13. 3 sdm margarine (untuk menumis).

Bahan untuk kulit risoles :

1. 500 gram tepung terigu.
2. 5 butir telur ayam.
3. 1 liter air susu.
4. 1 sdm garam.
5. 8 sdm minyak goreng.
6. 1 sdm minyak goreng (untuk olesan ketika membuat kulit dadar).

Bahan pelengkap :

1. 300 gram tepung panir.
2. 1 butir telur.

Cara membuat isian risoles :
  • Mula-mula siapkan wajan kemudian panaskan margarine. Tumis bawang bawang merah dan bawang putih hingga harum kemudian masukkan larutan tepung terigu lalu aduk secara merata.
  • Selanjutnya tuangkan 1 cangkir air masak kemudian masukkan juga wortel, kentang, suwiran daging ayam dan telur lalu aduk merata. Masak hingga wortel dan kentang matang.
  • Setelah wortel dan kentang matang, tambahkan garam, gula pasir serta merica kemudian tuangkan pula secara perlahan 1 cangkir susu cair lalu aduk secara perlahan dan masak kembali hingga semua bahan benar-benar matang.
Cara membuat kulit risoles :
  • Pertama aduk menggunakan mixer 5 butir telur ayam beserta garam, kemudian masukkan susu cair secara perlahan sambil adonan diaduk secara merata. Tambahkan 500 gram tepung terigu sambil diaduk menggunakan tangan hingga adonan licin kemudian tambahkan pula 8 sendok minyak goreng lalu aduk kembali hingga rata.
  • Selanjutnya, siapkan wajan lalu olesi dengan minyak goreng. Setelah itu bentuk lembaran-lembaran kulit dadar tipis dari adonan tadi diatas wajan. Lakukan untuk semua adonan hingga adonan habis.
Cara membuat :
  • Pertama, ambil 1 lembar kulit dadar kemudian isi secukupnya dengan isian risoles tadi lalu gulung risoles, selanjutnya rekatkan kulit dadar dengan putih telur. Lakukan hingga semua kulit dadar dan isian risoles habis.
  • Selanjutnya, kocok 1 butir telur ayam lalu celupkan risoles kedalam kocokan telur kemudian taburi dengan tepung panir yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, diamkan risoles kira-kira setengah jam sebelum risoles digoreng.
  • Setelah 30 menit, goreng semua risoles hingga risoles berwarna keemasan kemudian aangkat dantiriskan. Sajikan risoles diatas piring saji.  
Risoles lebih enak dimakan bersama sambal botol ataupun cabai rawit. Selamat mencoba resep dan cara membuat risoles enak dan gurih khas Jakarta.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar