Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT STEAK AYAM ENAK DAN GURIH

Rabu, 25 Desember 2013 0 komentar

Steak Ayam Enak dan Gurih - Semangat pagi untuk para pembaca, pada kesempatan dipagi yang cerah ini penulis akan coba mebahas resep mengenai suatu masakan yang nantinya dapat dijadikan lauk makan sebagai hidangan bersama nasi putih hangat. Masakan yang akan kita buat ini yaitu stek ayam. Steak ayam merupakan salah satu jenis masakan dimana potongan daging ayam yang menjadi bahan utamanya kemudian dipanggang dan diberi bumbu pelengkapnya sehingga menjadikannya makanan yang lezat. Masakan ini sangat cocok sekali menjadi hidangan special dirumah ketika semua anggota keluarga berkumpul dirumah. Dalam membuat steak ayam ini bahan yang digunakan secara garis besarnya yaitu daging ayam diambil yang bagian dadanya saja, lalu sebagai bahan pelengkapnya seperti kentang, buncis, wortel, bawang bombay, bawang putih, saus tomat, lada, garam dan beberapa bumbu lainnya. Dalam mengolah kesemua bahan tersebut untuk menjadi steak ayam tidaklah sulit, ibu-ibu dirumah dapat mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

Bahan :
  1. 300 gram daging ayam (pilih bagian dada ayam saja).
  2. 1 buah kentang ukuran besar (potong membentuk cheap tebal).
  3. 5 batang buncis (potong kecil).
  4. 1/2 bagian Wortel (iris tipis sesuai selera).
  5. 3 siung bawang putih (cincang kasar).
  6. 1 siung bawang bombay (cincang kasar).
  7. 1 buah jeruk nipis (ambil perasan air jeruknya saja).
  8. Merica bubuk secukupnya.
  9. Garam halus secukupnya.
  10. 2 sdm saus LP.
  11. Gula merah secukupnya.
  12. 200 ml kaldu sapi.
  13. 3 sdm kecap inggris.
  14. 3 sdm saus tomat.
  15. 1 sdm Roux.
  16. Kaldu sapi bubuk secukupnya.
  17. 1 lembar daun bay.
  18. 1 sdt daun Thyme.
  19. Mentega secukupnya.
  20. Minyak goreng secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus terlebih dahulu potongan kentang bersama dengan 1/2 sendok teh garam hingga setengah matang lalu angkat dan sisihkan. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu goreng kentang setengah matang tadi sampai berwarna coklat keemasan. Angkat dan sisihkan kembali serta beri taburan 1/2 sendok makan garam halus.
  • Langkah berikutnya, panaskan kembali sedikit minyak goreng lalu tumis potongan buncis, wortel, 1/3 bagian dari bawang putih cincang dan 1/3 bagian dari bawang bombay cincang tadi sampai matang lalu sisihkan.
  • Selanjutnya endapkan dada ayam bersama dengan 1/3 bagian bawang putih cincang, 1/3 bagian bawang bombay cincang, perasan jeruk nipis, merica, garam, saus LP, dan gula merah selama 30-40 menit hingga semua bumbu meresap.
  • Setelah itu panaskan mentega didalam wajan lalu masukkan ayam yang telah dibumbui tadi panggang hingga matang lalu angkat.
  • Kemudian panaskan mentega dan tumis 1/3 bagian bawang putih cincang, 1/3 bagian bawang bombay cincang, daun thyme, daun bay sampai harum. Selanjutnya masukkan pula roux, gula merah, saus LP, saus tomat, kecap inggris,merica bubuk, garam halus, dan 200 ml kaldu sapi. Aduk-aduk kesemua bahan hingga merata dan mengental.
  • Terakhir, tata daging ayam panggang dengan diberi taburan bumbu saus yang telah dibuat serta sayurannya diatas piring saji. Sajikan selagi hangat bersama dengan nasi putih hangat pula.
Selamat mencoba resep dan cara membuat steak ayam enak dan gurih ini. Semoga resep yang kami share padi hari ini dapat membantu ibu-ibu dirumah menyajikan hidangan yang tentunya enak dan istimewa kepada keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT STEAK AYAM ENAK DAN GURIH

Steak ayam merupakan salah satu jenis masakan dimana potongan daging ayam yang menjadi bahan utamanya kemudian dipanggang dan diberi bumbu pelengkapnya sehingga menjadikannya makanan yang lezat. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar