Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT CILOK SPECIAL ISI KORNET DENGAN BUMBU KACANG

Jumat, 06 Desember 2013 0 komentar

Cilok spesial isi kornet dengan bumbu kacang - Artikel yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu kudapan yang bernama cilok. Cilok merupakan kependekan dari aci yang dicolok atau ditusuk. Kuadapan jenis ini sangat lezat karena dipadukan dengan bumbu tambahan yang dipakai yaitu berupa bumbu kacang. Cilok spesial yang akan kita buat kali ini tidak menggunakan tepung aci sebagai bahan utama dalam membuatnya tapi disini akan kita ganti bahannya menggunakan tepung tapioka ditambah dengan tepung terigu dan sedikit daging kornet. Bahan-bahan tambahan lain yang digunakan seperti daun seledri, bawang putih, merica, garam, kacang tanah goreng, gula merah dan masih banyak bumbu tambahan lainnya. kita dapat ikuti untuk proses dan cara membuatnya lebih detail yaitu sebagai berikut.

Bahan :
  1. 4 sdm tepung terigu. 
  2. 300 gram tepung tapioka.
  3. Daging kornet secukupnya.
  4. Daun seledri secukupnya (iris-iris tipis).
  5. 3 siung bawang putih (haluskan).
  6. 250 ml air matang hangat.
  7. Garam halus secukupnya.
  8. Lada bubuk secukupnya.
  9. 100 gram kacang tanah goreng.
  10. Gula aren secukupnya.
  11. Kecap manis secukupnya.
  12. Penyedap rasa jika perlu.
  13. Minyak Goreng secukupnya.
  14. 3 siung bawang merah.
  15. 2 siung bawang putih.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula ayak tepung tapioka kemudian beri garam dan lada bubuk kemudian aduk rata. Setelah itu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan kedalam air hangat, lalu masukkan larutan bawang tadi secara perlahan kedalam ayakan tepung tapioka sambil terus diauk.
  • Setelah itu masukkan tepung terigu kedalam adonan tepung tapioka lalu aduk kembali hingga rata hingga adonan dapat diulenin dan kalis. Jika adonan dirasa agak sedikit keras bisa ditambahkan air hangat sedikit.
  • Sebagai anjuran supaya ketika mencampur adonan tepung tapioka dengan tepung terigu pada saat ingin menambahkan air hangatnya, karena akan merusak adonan itu sendiri.
  • Selanjutnya rebus air bersama dengan 1 sendok makan minyak goreng dan penyedap rasa hingga mendidih untuk merebus adonan. sambil menunggu air mendidih kita bisa membentuk bulat kecil adonan cilok sesuai selera, kemudian beri isian didalamnya berupa daging kornet. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan habis terpakai.
  • jika air telah mendidih masukkan adonan cilok yang sudah dibentuk bulatan lalu rebus hingga matang. 
  • Selanjutnya membuat saus kacangnya : 
  • haluskan kacang tanah goreng bersama dengan bawang merah dan putih, gula aren, serta sedikit air matang. Setelah itu hangatkan sedikit minyak goreng dan tumis sebentar bumbu kacang yang sudah dihaluskan sebelumnya. Tambahkan pula kecap manis secukupnya lalu angkat.
  • Terakhir hidangkan cilok spesial dengan saus kacangnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat cilok spesial isi kornet dengan bumbu kacang ini. Semoga resep yang dibahas dalam artikel kali ini lebih bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam menghidangkan kudapan-kudapan yang lezat dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT CILOK SPECIAL ISI KORNET DENGAN BUMBU KACANG

Cilok merupakan kependekan dari aci yang dicolok atau ditusuk. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar