Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR CAPCAY SPECIAL SEDAP DAN LEZAT

Jumat, 20 Desember 2013 0 komentar

Sayur Capcay Special Sedap dan lezat - Selamat pagi bagi para pembaca yang budiman, pagi hai yang cerah ini penulis akan coba membahas tentang suatu masakan yang berbahan dasar sayur-sayuran segar. Sayur-sayuran segar ini nantinya akan kita olah menjadi suatu masakan yang tentunya lezat untuk disantap bersama nasi putih hangat dan lauknya, dimana sayur ini akan kita olah menjadi sayur capcay. Sayur capcay merupakan suatu masakan yang diolah dari beberapa macam sayuran kemudian dimasak dan diolah dengan bumbu rempah dan sadikit kaldu. Sayur capcay ini sering kita jumpai disuatu rumah makan atau warteg (warung tegal) yang dihidangkan sebagai sayurannya. Bahan-bahan yang dipakaipun mudah untuk dicari seperti kubis, wortel, bunga kol, cabai, bawang, kunyit dan masih ada beberapa bumbu tambahan lainnya. Untuk proses membuatnya pun sangat simpel dan sederhana. Adapun untuk dapat mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan serta proses mengolahnya secara lengkap yaitu sebagai berikut.

Bahan :
  1. 4 lembar daun kubis (bersihkan lalu iris-iris persegi sesuai selera).
  2. 1 buah wortel (bersihkan kulit arinya kemudian potong-potong kecil).
  3. 150 gram bunga kol (bersihkan lalu mbil bagian pucuknya saja).
  4. 5 buah bakso (potong sesuai selera).
  5. 1 sdm tepung maizana.
  6. 2 buah cabai hijau (iris tipis).
  7. 2 siung bawang putih (cacah kasar).
  8. 1/2 sdt garam halus.
  9. 1/2 sdm gula pasir.
  10. 1/2 sdt Merica bubuk.
  11. 1/2 sdt kunyit bubuk.
  12. 1 sdt kaldu ayam bubuk.
  13. 2 sdm mentega.
  14. 100 ml air matang.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siapkan wajan dan panaskan mentega lalu tumis bawang putih bersama dengan cabai hijau hingga wangi. Setelah itu, masukkan irisan daun kubis, potongan wortel, bunga kol, dan potongan bakso lalu aduk hingga rata.
  • Selanjutnya tambahkan air, garam, gula pasir, merica, kunyit bubuk dan kaldu ayam kedalam tumisan tadi, kemudian aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  • Langkah selanjutnya, aduk tepung maizena dengan 2 sendok makan air matang didalam sebuah mangkok kecil. Selanjutnya tuangkan larutan tepung tersebut kedalam tumisan sayur tadi dan masak kembali hingga kuah capcay mengental dan sayur matang.
  • Terakhir angkat dan sajikan sayur capcay diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sayur capcay special sedap dan lezat ini. Semoga resep masak sayuran kali ini lebih banyak memberikan manfaat serta dapat membantu ibu-ibu dirumah untuk membuat sajian sedap kepada keluarga tercinta dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR CAPCAY SPECIAL SEDAP DAN LEZAT

Sayur capcay merupakan suatu masakan yang diolah dari beberapa macam sayuran kemudian dimasak dan diolah dengan bumbu rempah dan sadikit kaldu. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar