Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT TAHU GEJROT ENAK KHAS CIREBON

Minggu, 08 September 2013 0 komentar

Di Indonesia tahu merupakan salah satu makanan pokok yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Banyak aneka makanan yang dapat diolah dari bahan dasar tahu ini, mulai dari tahu goreng hingga tahu yang divariasikan kedalam suatu masakan seperti ketika memasak tauco.
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tahu gejrot, dimana panganan ini juga mempunyai bahan dasar berupa tahu. Tahu gejrot adalah makanan tradisional yang berasal dari cirebon. Panganan ini memiliki rasa yang manis, asam, dan pedas sehingga pangan ini sangat disukai para pecinta tahu.
Adapun langkah-langkah dalam membuat olahan tahu yang enak ini antara lain.

Bahan-bahan :
  1. 20 potong tahu sumedang.
  2. 30 gram gula merah (sisir halus).
  3. 250 ml air matang.
  4. Kecap manis secukupnya.
  5. 4 sendok makan air asam jawa.
Bahan bumbu :
  1. 5 buah cabai hijau.
  2. 6 buah cabai rawit.
  3. 5 siung bawang merah.
  4. 4 siung bawang putih.
  5. (ulek kasar semua bahan bumbu).
Cara membuatnya :
  • Pertama, siapkan tahu sumedang kemudian rendam tahu kedalam air matang yang telah disiapkan dan beri 1 sendok teh garam halus kurang lebih selama 20 menit. Setelah tahu direndam, goreng tahu hingga matang kemudian angkat dan tiriskan.
  • Setelah itu masak 250 ml air bersama dengan gula merah dan 4 sendok makan air asam jawa lalu aduk rata hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian angkat dan dinginkan.
  • Terakhir, potong-potong kecil tahu sumedang yang sudah digoreng tadi kemudian sajikan diatas piring saji dan tambahkan pula didalamnya air bumbu serta ulekan dari cabai dan bawang tadi.
Tahu gejrot sudah siap untuk disantap. Semoga resep dan cara membuat tahu gejrot enak khas Cirebon ini dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar