Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KLEPON LABU SPECIAL ENAK DAN GURIH

Sabtu, 21 Desember 2013 0 komentar

Klepon Labu Special Enak dan Gurih - Dipagi hari yang sedikit mendung sehabis ujan ini penulis akan membahas resep mengenai makanan kudapan atau makanan ringan pencuci mulut. Jenis makanan kudapan yang akan kita bahas pada kesempatan ini yaitu tentang klepon labu special. Klepon labu special kali ini akan menggunakan bahan utama berupa labu kuning dan rasa akhir yang akan disajikan pun sangat enak dan gurih. Resep kita kali ini merupakan salah satu resep kreasi yang diciptakan dari ide-ide kreatif sehingga menghasilkan makanan yang tadinya hanya memakai bahan tepung biasa kini dikreasikan menggunakan bahan yang berbeda dan menghasilkan bentuk rupa yang sama tetapi mempunyai cita rasa yang lebih lezat. Dalam membuat klepon labu special ini bahan-bahan utama yang nantinya akan kita pakai dalam membuatnya antara lain yaitu lbu kuning, tepung ketan, parutan kelapa muda yang nantinya akan digunakan sebagai bahan taburan serta beberapa bumbu halus lainnya. Untuk proses pembuatannya pun sangatlah sederhana, adapun untuk dapat mengetahui bahan-bahan apa saja yang dipakai dan bagaimana cara mengolahnya secara lengkap antara lain sebagai berikut.

Bahan :
  1. 350 gram labu kuning.
  2. 250 gram tepung ketan.
  3. 100 gram gula aren sisir halus (bisa diganti gula merrah atau gula jawa).
  4. 50 gram gula halus.
  5. 1 sdt garam halus.
  6. 200 gram kelapa muda parut.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula kita kukus labu kuning hingga lunak kemudian ambil dan keruk bagian dagingnya lalu haluskan.
  • Selanjutnya kukus parutan kelapa muda dengan ditambah sedikit garam selama kurang lebih 10-15 menit lalu angkat dan tiriskan.
  • Setelah itu, aduk labu kuning dalam suatu wadah bersama dengan tepung ketan, gula halus, dan garam. Aduk-aduk kesemua bahan hingga tercampur rata dan adonan mejadi kalis serta dapat diuleni.
  • Kemudian, ambil kira-kira 1 sendok makan adonan tadi, bentuk menjadi bulat lalu pipihkan dan isi bagian tengahnya dengan menggunakan gula aren halus. Selanjutnya bentuk bulat kembali adonan yang didalamnya sudah diberi gula aren. Lakukan pembentukan dan pengisian adonan ini hingga semua bahan adonan habis.
  • Setelah itu, rebus adonan klepon yang sudah dibentuk kedalam sebuah panci yang berisi air hingga adonan nantinya mengambang dipermukaan air dan matang lalu angkat.
  • Terakhir, guling-gulingkan klepon yang telah direbus diatas parutan kelapa hingga semua klepon terbaluri dengan parutan kelapa muda lalu sajikan diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara membuat klepon labu special enak dan gurih ini. Semoga resep makanan kudapan yang dibahas pada kesempatan kali ini banyak memberikan manfaat serta semoga dapat menumbuhkan ide-ide kreatif lainnya sehingga ibu-ibu dirumah dapat membuat suatu makanan yang special untuk dapat disajikan kepada keluarga tercinta. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT KLEPON LABU SPECIAL ENAK DAN GURIH

Klepon labu special kali ini akan menggunakan bahan utama berupa labu kuning dan rasa akhir yang akan disajikan pun sangat enak dan gurih. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar