Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KAKAP GORENG KHAS THAILAND ENAK DAN LEZAT

Sabtu, 07 Desember 2013 0 komentar

kakap goreng khas thailand - masakan yang akan dibahas dalam resep kita pagi ini yaitu dengan bahan utama berupa ikan kakap. Dimana ikan kakap ini akan kita olah menjadi suatu masakan enak dan lezat yaitu dimasak dengan resep bumbu khas negeri Thailand. Ikan kakap ini sendiri akan diolah menjadi kakap goreng khas thailand. Masakan ini merupakan jenis lauk pauk yang biasanya dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat. Dalam proses mengolah masakan dalam resep kita kali ini bahan-bahan yang dibutuhkan agak banyak mulai dari bahan utamanya seperti ikan kakap itu sendiri lalu untuk bahan lapisannya menggunakan tepung maizena, tepung beras, lada, bawang putih. Kemudian juga ada untuk bahan-bahan sausnya seperti bawang putih, bawang bombay, cabai merah dan beberapa tambahan lainnya. Dalam proses mengolahnya pun sederhana, adapun untuk melihat bahan-bahan serta proses membuatnya yaitu sebagai berikut.

Bahan :
  1. 1 ekor ikan kakap (siangi dan bersihkan).
  2. 1 buah jeruk nipis (Ambil air perasannya saja).
  3. 1/2 sdt garam kasar.
Bahan Lapisan :
  1. 2 sdm tepung beras.
  2. 100 gram tepung maizena.
  3. 2 siung bawang putih (tumbuk halus).
  4. 1/2 sdt garam halus.
  5. 1/2 sdt merica bubuk.
Bahan Saus :
  1. 150 ml air matang.
  2. 4 buah cabai merah (iris tipis)
  3. 3 siung bawang putih (iris tipis).
  4. 1 siung bawang bombay (iris tipis).
  5. 3 sdm saus sambal bangkok.
  6. 1/2 sdm minyak ikan.
  7. 1/2 sdt garam halus.
  8. 1 sdt gula pasir.
  9. 1 sdt tepung maizena (larutkan menggunakan sedikit air).
  10. 2 lembar daun ketumbar (cincang kasar).
  11. Air jeruk lemon (secukupnya).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula lumuri ikan kakap yang telah disiangi menggunakan air perasan jeruk nipis serta garam kasar. Kemudian endapkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Selanjutnya diwadah terpisah, campurkan semua bahan lapisan kemudian aduk hingga rata.
  • Setelah itu, jika ikan sudah direndam selama 15 menit tadi lalu angkat dan baluri dengan bahan lapisan hingga semua bagian ikan tertutup rata dengan adonannya.
  • Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng lalu goreng ikan kakap yang sudah dbaluri sampai matang.
  • Untuk membuat sausnya, tumis cabai merah, bawang putih, bawang bombay sampai harum lalu tuangkan saus sambal, minyak ikan, garam dan gula pasir sambil diaduk rata. Selanjutnya masukkan air matang lalu masak kembali hingga mendidih dan tambahkan juga tepung maizenanya. Masak saus tersebut sampai mendidih dan meletup-letup. Tuangkan juga daun ketumbar cincang serta air jeruk lemonnya dan aduk rata kembali lalu angkat.
  • Terakhir sajikan ikan kakap dengan sausnya diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara membuat kakap goreng khas Thailand enak dan lezat ini. Semoga resep lauk-pauk yang dibahas kali ini memberikan banyak manfaat dan inspirasi bagi kita semua untuk dapat menghidangkan sajian sedap dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT KAKAP GORENG KHAS THAILAND ENAK DAN LEZAT

ikan kakap ini akan kita olah menjadi suatu masakan enak dan lezat yaitu dimasak dengan resep bumbu khas negeri Thailand. Ikan kakap ini sendiri akan diolah menjadi kakap goreng khas thailand. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar