Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT TONGSENG AYAM ENAK DAN LEZAT

Selasa, 17 Desember 2013 0 komentar

Tongseng Ayam Enak dan Lezat - Pada kesempatan pagi yang cerah ini penulis akan membahas resep tentang masakan yang dibuat dari bahan dasar daging ayam. Daging ayam ini akan diolah menjadi suatu masakan yang tentunya lezat untuk disantap bersama keluarga, dimana daging ayam ini akan dimasak menjadi tongseng ayam. Kita sering mendengar masakan tongseng biasanya menggunakan bahan utamanya berupa daging sapi atau daging kambing, namun pada resep ini akan digunakan ayam sebagai salah satu bahan utamanya. Tongseng ayam merupakan suatu jenis masakan yang dimasak dengan menggunakan bumbu rempah asli Indonesia dan diberi irisan daun kol. Dalam proses pembuatan tongseng ayam inipun sangatlah sederhana dan simple, hanya akan memerlukan beberapa langkah saja dalam membuatnya. Adapun untuk dapat mengetahui bahan-bahan serta bumbu apa saja yang dipakai serta bagaimana cara membuat masakan ini secara detail yaitu sebagai berikut.

Bahan :
  1. 1 kg daging ayam (potong-potong lalu ambil bagian dagingnya saja).
  2. 1/2 litter santan kelapa.
  3. 1 buah tomat merah (potong dadu sesuai selera).
  4. 3 lembar daun kol (iris tipis).
  5. 5 siung bawang merah (iris tipis).
  6. 3 siung bawang putih (iris tipis).
  7. 5 buah cabai merah.
  8. 4 buah cabai rawit merah.
  9. Lada bubuk secukupnya.
  10. 4 sdm kecap manis.
  11. 1/2 sdm gula pasir.
  12. 1 sdm gula merah (sisir halus).
  13. 1 sdm garam kasar.
  14. Bawang goreng secukupnya (untuk taburan).
  15. Minyak goreng secukupnya (untuk menumis).
  16. Air matang secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula panaskan sedikit minyak goreng selanjutnya tumis bahan seperti bawang merah dan putih, cabai merah serta cabai rawit lalu tumis hingga harum. Kemudian tambahkan potongan daging ayam kedalamnya, lalu masak hingga daging ayam empuk dan berubah warna.
  • Setelah itu, tuangkan kedalam tumisan daging tadi air, lada, kecap manis, gula pasir, gula merah, serta garam. Aduk hingga kesemua bahan tersebut tercamur rata.
  • Selanjutnya, masukkan juga santan kelapa kedalam tumisan sambil diaduk secara perlahan hingga mendidih. Tambahkan juga irisan daun kol dan tomat kedalamnya lalu masak sebentar dan angkat.
  • Terakhir, sajikan diatas mangkuk saji lalu taburi dengan bawang gorengnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat tongseng ayam enak dan lezat ini. Semoga resep masakan yang disajikan pada pagi hari ini memberikan banyak manfaat serta berguna bagi ibu-ibu muda yang ingin mencoba memasak tongseng ayam ini. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT TONGSENG AYAM ENAK DAN LEZAT

Tongseng ayam merupakan suatu jenis masakan yang dimasak dengan menggunakan bumbu rempah asli Indonesia dan diberi irisan daun kol. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar