Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR LODEH DENGAN NANGKA GURIH DAN LEZAT

Selasa, 10 Desember 2013 0 komentar

Sayur Lodeh dengan Nangka - Pada pagi yang cerah ini kita akan membuat masakan dengan tema sayur-sayuran. Jenis masakan dengan menggunakan sayuran yang akan dibuat ini yaitu sayur lodeh tetapi dalam resep kali ini kita akan menggunakan buah nangka muda sebagai bahan utamanya. Sayur lodeh dengan nangka ini merupakan salah satu jenis masakan sayuran yang sudah dikreasikan dalam penggunaan bahannya. Bahan-bahan yang dipakai selain nangka muda yaitu hampir sama juga dengan sayur lodeh pada umumnya seperti penggunaan kacang panjang, irisan tahu, cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan berbagai macam bahan lainnya yang akan digunakan. Proses pembuatan sayur lodeh nangka inipun cukup sederhana, adapun untuk bahan-bahan apa saja yang dipakai dan bagaimana membuatnya secara lengkap yaitu sebagai berikut.
Bahan :
  1. 500 gram nangka muda (bersihkan lalu potong dadu sesuai selera).
  2. 1 ikat kacang panjang (iris kecil-kecil sesuai selera).
  3. 3 buah tahu ukuran besar.
  4. 15 buah cabai rawit.
  5. 2 lembar daun jeruk nipis.
  6. 2 lembar daun salam.
  7. 500 ml santan kelapa.
  8. 500 ml air matang.
  9. Garam kasar secukupnya.
  10. Gula pasir secukupnya.
  11. Penyedap Rasa secukupnya.
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 4 siung bawang merah.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 2 buah kemiri.
  4. 3 buah cabai merah.
  5. 1/2 sdm ketumbar.
  6. 1 ruas jahe ukuran 1 cm.
  7. 1 ruas lengkuas ukuran 1 cm.
  8. 1 ruas kunyit ukuran 1 cm.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus potongan nangka muda yang sudah dipotong-potongv dengan menggunakan daun salam lalu tiriskan.
  • Selanjutnya potong tahu membentuk dadu kecil lalu goreng tahu hingga matang.
  • Kemudian haluskan semua bahan bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah dan putih, kemiri, cabai merah, ketumbar jahe, lengkuas, serta kunyit. Selanjutnya tumis bumbu halus tersebut bersama dengan daun salam, daun jeruk dan cabai rawit hingga layu dan harum.
  • Setelah itu, masukkan nangka muda rebus kedalam tumisan bersama dengan kacang panjang, serta tahu goreng lalu aduk-aduk sebentar secara perlahan.
  • Selanjutnya tuangkan santan kelapa, air matang lalu beri pula garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Masak hingga benar-benar matang dan bumbu tercampur rata.
  • Terakhir, sajikan sayur lodeh nangka diatas mangkuk dalam keadaan hangat.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sayur lodeh dengan nangka gurih dan lezat ini. Semoga resep masakan yang kita bahas pada pagi ini dapat memberikan banyak manfaat serta dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam berinovasi dalam membuat sajian sedap dirumahnya. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR LODEH DENGAN NANGKA GURIH DAN LEZAT

Sayur lodeh dengan nangka ini merupakan salah satu jenis masakan sayuran yang sudah dikreasikan dalam penggunaan bahannya. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar