Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEPES IKAN PEDA ENAK DAN LEZAT

Minggu, 15 Desember 2013 0 komentar

Pepes Ikan Peda Enak dan Lezat - Pada pagi hari yang cerah ini penulis akan membahas resep yang berbahan dasar ikan peda. Ikan peda ini nantinya akan dibuat menjadi suatu masakan yaitu pepes ikan peda. Pepes ikan peda merupakan suatu masakan yang dimasak menggunakan ikan peda dan beberapa tambahan bumbu rempah kemudian dikukus hingga matang. Masakan ini sangat nikmat sekali jika disantap bersama dengan nasi putih hangat kemudian ditambah dengan sambal serta lalapannya. Dalam membuat masakan yang tentunya lezat ini kita juga memerlukan bahan-bahan pokok dalam membuatnya seperti ikan peda itu sendiri yang akan jadi bahan utamanya, kemudian kelapa muda yang diparut, cabai, tomat, serta beberapa tambahan bumbu rempah lainnya. Proses membuat pepes ini juga dapat dibilang simple dan sederhana. Untuk dapat mengetahui penggunaan bahan serta proses pengolahannya secara lengkap diantaranya sebagai berikut.

Bahan :
  1. 2 ekor ikan peda segar (bersihkan dan siangi lalu ambil bagian daginggnya saja).
  2. 30 gram kelapa muda parut.
  3. 1 buah tomat (iris tipis).
  4. 6 buah cabai merah.
  5. 4 buah cabai rawit merah.
  6. 3 lembar daun salam.
  7. 2 batang serai ambil bagian putihnya saja (memarkan).
  8. 2 ruas kunyit dengan ukuran masing-masing sekitar 2 cm (bakar).
  9. 1 ruas jahe dengan ukuran sekitar 2 cm.
  10. Garam kasar secukupnya.
  11. Gula pasir secukupnya.
  12. Daun pisang secukupnya untuk membungkus.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siapkan ikan pedanya lalu rendam sebentar kira-kira 15 menit dengan menggunakan air panas. Selanjutnya siapkan wajan lalu sangrai kelapa muda parut tadi hingga berubah warna menjadi kuning keemasan dan kering lalu sisihkan.
  • Setelah itu, iris tipis serai yang telah dimemarkan tadi kemudian ulek hingga halus bahan-bahan seperti tomat, cabai merah, serai, kunyit, jahe, garam dan gula pasir.
  • Kemudian campurkan ikan peda dan kelapa parut sangrai kedalam bumbu halus tadi lalu aduk hingga kesemua bahan tercampur rata.
  • Selanjutnya ambil selembar daun pisang kemudian taruh adonan ikan peda tadi diatas daun pisang lalu tambahkan pula cabai rawit merah dan daun salam. kemudian tutup dan rapatkan daun pisang yang sudah diberi adonan ikan peda tadi dan kukus pepes ikan kurang lebih sekitar 20-30 menit. Setelah dikukus agar pepes ikan peda terasa lebih lezat, panggang sebentar pepes ikan kurang lebih sekitar 10 menit lalu angkat dan sajikan. 
Selamat mencoba resep dan cara membuat pepes ikan peda enak dan lezat ini. Semoga resep dengan bahan dasar berupa ikan peda ini dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam memasak serta menghidangkan sajian-sajian yang spesial kepada anak dan suami tercinta dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEPES IKAN PEDA ENAK DAN LEZAT

Pepes ikan peda merupakan suatu masakan yang dimasak menggunakan ikan peda dan beberapa tambahan bumbu rempah kemudian dikukus hingga matang. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar