Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KETAN MANIS ENAK DAN GURIH

Selasa, 24 Desember 2013 0 komentar

Ketan Manis Enak dan Gurih - Selamat pagi kepada para pembaca, pada kesempatan kali ini penulis akan coba membahas resep mengenai makanan ringan atau makanan kakudapan. Makanan yang nantinya akan kita buat yaitu ketan manis. Ketan manis ini merupakan salah satu resep masakan dari jenis masakan ketan biasa yang kemudian sudah dikreasikan sehingga menjadi ketan manis ini. Bila pembaca ada yang bertanya mengenai apa saja bahan utama yang akan dipakai yaitu beras ketan, parutan kelapa dan gula merah yang nantinya akan dipakai sebagai pemanisnya. Untuk proses pemembuatan makanan kudapan ini sendiri sangatlah sederhana dan tidak terlalu rumit, adapun untuk proses pembuatannya serta bahan-bahan apa saja yang dipakai secara lengkap diantaranya sebagai berikut.
Bahan :
  1. 1/2 kg beras ketan (kwalitasn baik).
  2. 250 gram gula aren.
  3. 150 gram kelapa parut (kukus terlebih dahulu bersama dengan 1/2 sendok teh garam selama 15 menit).
  4. Garam halus secukupnya.
  5. 1/2 sdt kapur sirih. 
  6. 2 cangkir air matang.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula cuci bersih beras ketan lalu rendam dan tambahkan 1/2 sendok teh kapur sirih selama kurang lebih 3 jam.
  • Selanjutnya panaskan sedikit air kemudian rebus gula aren bersama dengan 1/2 sendok teh garam halus hingga larut dan mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Bila ketan telah direndam selama 3 jam, kukus beras ketan tadi hingga matang dan masukan larutan gula aren tadi kedalamnya sambil diaduk rata hingga semua bahan tercampur rata dan tidak berkatul-katul. Masak hingga ketan matang.
  • Terakhir, jika ketan sudah matang sajikan diatas piring saji dengan taburan kelapa parut.
Selamat mencoba resep dan cara membuat ketan manis enak dan gurih ini. Semoga resep makanan kudapan yang disajikan hari ini dapat membantu ibu-ibu dirumah membuat hidangan-hidang lezat untuk disajikan kepada keluarga tercinta dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT KETAN MANIS ENAK DAN GURIH

Ketan manis ini merupakan salah satu resep masakan dari jenis masakan ketan biasa yang kemudian sudah dikreasikan sehingga menjadi ketan manis ini. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar