Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN TONGKOL BALADO ENAK DAN LEZAT

Senin, 02 Desember 2013 0 komentar


Sambal Ikan Tongkol Balado Enak dan Lezat - Pada pagi hari ini kita akan membahas tentang resep dimana yang akan menjadi bahan utamanya yaitu ikan tongkol yang memiliki rasa yang lezat dari dagingnya. Ikan tongkol ini nantinya akan kita olah menjadi Sambal ikan tongkol balado yang terkenal enak dan lezat. Sambal ikan tongkol balado ini memiliki rasa yang pedas dan sedikit manis dari gula jawa yang juga akan menjadi bahan bumbunya. Bahan-bahan utama yang akan dipakai untuk membuat sambal ikan tongkol ini selain ikan tongkol itu sendiri diantaranya seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih yang selalu dipakai dalam membuat sambal-sambalan, jahe, serai, gula pasir, gula jawa, garam serta masih ada beberapa bahan tambahan lagi yang akan digunakan. Dalam proses pembuatan masakan ini pun tidak terlalu rumit, dimana untuk mengetahui apa saja bumbu tambahan lainnya yang digunakan serta pengolahan masakan ini secara lengkap antara lain sebagai berikut.

Bahan :
  1. 1 1/2 kg ikan tongkol.
  2. 250 gram cabai merah.
  3. 5 buah cabai rawit.
  4. 10 siung bawang merah.
  5. 4 siung bwang putih.
  6. 1 ruas jahe dengan ukuran sekitar 2 cm.
  7. 2 lembar daun salam.
  8. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  9. 2 sdm Gula jawa (sisir halus).
  10. Gula pasir secukupnya.
  11. Garam kasar secukupnya.
  12. Air matang secukupnya.
  13. Minyak Goreng secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Pertama, bersihkan ikan tongkol dan potong sesuai selera kemudian goreng ikan hingga matang.
  • Selanjutnya haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender.
  • Setelah itu tumis sebentar sambal yang telah dihaluskan tadi kemudian tambahkan air matang secukupnya, 2 lembar daun salam, serai yang telah dimemarkan, gula jawa, serta jahe lalu masak hingga harum dengan api kecil.
  • Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng kedalam tumisan sambil diaduk rata agar semua bumbu tercampur rata dengan ikan tongkolnya.
  • Tambahkan pula gula pasir serta garam kasar secukupnya dan aduk-aduk kembali secara merata. Diamkan sebentar sambal ikan tongkol tersebut diatas api kecil agar bumbu meresap secara merata.
  • Terakhir sajikan dalam keadaan hangat dengan nasi putih yang hangat dan lalapannya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal ikan tongkol balado enak dan lezat ini. Semoga resep yang kita bagikan pagi hari ini dapat memberikan banyak inspirasi kepada ibu-ibu serta kaum hawa dirumah untuk dapat membuat masakan-masakan yang sedap kepada keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN TONGKOL BALADO ENAK DAN LEZAT

Ikan tongkol ini nantinya akan kita olah menjadi Sambal ikan tongkol balado yang terkenal enak dan lezat. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar