Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE APEM LEGIT DAN LEMBUT KHAS INDONESIA

Senin, 05 Agustus 2013 0 komentar

Kue apem adalah satu dari sekian banyak kue jajanan khas Indonesia. kue apem memiliki cita rasa yang khas dari kue lainnya, dikarenakan kue ini memiliki rasa yang legit dan lembut ketika dimakan. Kue ini juga merupakan makanan tradisional Indonesia, bahan pokok yang digunakan dalam membuat apem ini antara lain, tepung beras, santan, gula dan bahn tambahan lainnya. Cara memasaknya yaitu menggunakan cetakan yang berbentuk cup atau piring dengan ukuran kecil. Kue apem ini adalah kue musiman khususnya pada saat bulan puasa dan biasanya kue ini juga merupakan jajanan pasar yang laris. Adapun cara untuk membuat kue apem sebagai berikut.

Bahan-bahan yang digunakan :
  1. 200 gram tepung beras.
  2. 100 gram tepung kanji.
  3. 100 gram tape singkong (tumbuk halus lalu hilangkan seratnya).
  4. 2 butir telur ayam.
  5. 250 gram gula aren (sisir halus).
  6. ½ sdm ragi instan.
  7. ½ sdm vanili bubuk
  8. Garam halus secukupnya.
  9. 250 gram kelapa parut (sebagai taburan).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula aduk dengan menggunakan mixer gula aren dan telur hingga rata.
  • Kemudian tambahkan tepung beras, tepung kanji dan tape yang sudah dicampur bersama vanilli bubuk, ragi dan garam halus kedalam adonan gula tadi. Aduk kembali hingga rata lalu endapkan adonan sampai mengembang.
  • Setelah adonan mengembang, siapkan cetakan atau loyang berbentuk cup yang sudah diberi lapisan kertas makanan. Selanjutnya masukkan adonan kedalam setiap cetakan, lalu kukus adonan sampai matang.
  • Setelah apem matang lalu angkat dan sajikan.
Kue apem ini sudah siap untuk dimakan. Selamat mencoba resep dan cara membuat kue apem legit dan lembut khas Indonesia ini dirumah anda, semoga dapat membantu anda dalam proses pembuatannya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar