Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SEGO TEMPONG ENAK DAN LEZAT KHAS BANYUWANGI

Selasa, 22 Oktober 2013 0 komentar

Sego tempong atau dalam bahasa Indonesianya nasi tempong merupakan salah satu makanan khas dari daerah Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Makanan ini memiliki ciri khas berupa sambalnya yang mempunyai rasa yang lumayan pedas dan segar. Makanan ini disebut dengan "tempong atau tempeleng" dikarenakan setelah makan makanan ini rasanya lidah seperti habis ditempeleng karena menggunakan sambal yang lumayan pedas.
Untuk membuat sego tempong ini tidaklah sulit, adapun resep serta proses cara membuatnya antara lain sebagai berikut.

Bahan untuk sambal :

  1. 10 buah cabai merah keriting.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 1 buah tomat.
  4. 1 sdt terasi panggang.
  5. Garam halus secukupnya.
  6. Gula pasir secukupnya.
Bahan pelengkap :
  1. Daun sawi (rebus).
  2. Kacang panjang (rebus).
  3. Tauge (rebus).
  4. 1 buah Mentimun (iris-iris tipis).
  5. Ikan goreng.
  6. Tempe goreng.
  7. Tahu goreng.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula, goreng sebentar bawang serta cabai setelah itu angkat dan tiriskan. Kemudian siapkan ulekan, ulek bawang bersama dengan cabai, tomat serta terasi lalu ulek bahan tersebut hingga halus.
  • Selanjutnya, tambahkan pula garam serta gula kedalam ulekan sambal tadi dan ulek rata kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  • Terakhir, siapkan nasi putih hangat diatas piring saji bersama dengan sambal dan lalapannya. Jangan lupa juga beri pula tambahan lauk pauk seperti ikan atau ayam goreng, tempe goreng serta tahu goreng agar terasa lebih nikmat ketika disantap.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sego tempong enak dan lezat khas Banyuwangi ini, semoga resep masakan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu sekalian dirumah. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar