Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT PINDANG IGA SAPI GURIH DAN MANTAP

Jumat, 25 April 2014 0 komentar

Pindang Iga Sapi - Assalamualaikum wr wb dan salam sedap. Penulis kembali disetiap paginya untuk membagikan resep-resep masakan dan minuman lezat khas Indonesia maupun resep-resep kreasi yang tentunya memiliki rasa yang lezat. Penulis juga akan tetap selalu mengingatkan kepada kita semua agar tidak lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT agar senantiasa selalu diberikan nikmat sehat dan kesempatan yang tentunya supaya bisa memasak masakan sedap untuk keluarga kesayangan. Dipagi hari yang cerah ini penulis akan membahsa suatu resep mengenai hidangan pelengkap yaitu pindang iga bumbu rumahan. Pindang iga adalah jenis masakan atau hidangan pelengkap ketika makan nasi yang dibuat dari bahan utamanya berupa iga sapi lalu dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu rempah asli Indonesia. Proses dalam mengolah hidangan yang satu ini ibu-ibu dan pembaca dirumah tidaklah perlu merasa kesulitan untuk membuatnya, penulis akan bagikan lengkap apa saja bahan yang nantinya digunakan dan proses membuatnya yaitu sebagai berikut.
Bahan :
  1. 1/2 kg iga sapi
  2. 1 1/2 liter air matang
  3. 1 batang serai (geprek)
  4. 3 ruas jahe
  5. 3 ruas lengkuas
  6. 3 buah belimbing wuluh (potong menjadi 2 bagian)
  7. 5 buah tomat cherry kecil (iris tipis)
  8. 4 buah cabai merah segar (iris tipis)
  9. 10 buah cabai rawit (iris tipis)
  10. 2 batang daun bawang (iris tipis)
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 ruas kunyit (bakar)
  4. 1 1/2 sdt garam kasar
  5. 1 sdm gula pasir
  6. 3 sdm air dari asam jawa
  7. 2 sdt air perasan jeruk nipis
Cara membuatnya :
  • Mula-mula bersihkan iga lalu presto dengan 1 1/2 liter air selama kurang lebih 30 menit lalu sisihkan dan ambil kaldunya kira-kira 750 ml.
  • Selanjutnya haluskan bahan bumbu seperti bawang merah dan putih lalu kunyit.
  • Kemudian kita didihkan kembali kaldu iga lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan iga sapi. Masak selama 20 menit agar bumbu meresap kedalam iga.
  • Lalu kita masukkan bahan-bahan seperti serai, jahe, belimbing wuluh, irisan tomat chery, cabai, daun bawang, garam, gula pasir, air asam jawa serta air perasan jeruk nipisnya.
  • Cicipi rasanya sudah pas atau belum.
  • Terakhir, sajikan sop iga sapi dalam mangkuk saji dalam keadaan hangat dan beri juga irisan daun selada diatasnya agar rasa yang disajikan lebih sedap.
Selamat mencoba resep dan cara membuat pindang iga sapi gurih dan mantap ini. Semoga resep hidangan pelengkap satu ini dapat bermanfaat untuk ibu-ibu dirumah supaya dapat menyajikan sajian yang spesial untuk keluarga terinta dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT PINDANG IGA SAPI GURIH DAN MANTAP

Pindang iga adalah jenis masakan atau hidangan pelengkap ketika makan nasi yang dibuat dari bahan utamanya berupa iga sapi lalu dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu rempah asli Indonesia. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar