Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT YOGURT HOME MADE ENAK DAN LEZAT

Selasa, 05 November 2013 0 komentar

Yogurt home made enak dan lezat - Yougurt merupakan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri baik sehingga menghasilkan sesuatu yang baik dan enak pula. Jika kita dapat mengolah yogurt dengan baik dan benar pula akan menghasilkan suatu olahan makanan yang enak. Bahan serta proses membuat yogurt home made ini tidak begitu sulit, bahan yang digunakanpun hanya beberapa seperti susu bubuk, susu cair, serta yogurtnya. Dalam artikel ini akan dicoba dibahas secara lengkap tentang bagaimana cara mengolah yogurt agar menghasilkan panganan yang enak serta disukai keluarga.

Bahan :

  1. 600 ml susu cair.
  2. 3 sdm susu bubuk.
  3. 4 sdm yoghurt.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula campurkan susu bubuk bersama dengan susu cair lalu aduk sampai semua bahan larut dan tercampur rata, kemudian panaskan saja cairan susu tersebut tetapi jangan rebus susu hingga mendidih dengan suhu yang digunakan sekitar 80 derajat celcius.
  • Selanjutnya, siapkan sebuah wadah untuk mengolah yogurtnya. Akan tetapi sebelum wadah tersebut dipakai, rebus terlebih dahulu wadah tersebut hingga mendidih selama 15-20 menit untuk membunuh bakteri. Sebagai saran lebih baik menggunakan suatu wadah yang tahan digunakan dalam suhu tinggi.
  • masukkan 300 ml susu hangat kedalam baskom kecil bersama dengan yogurt lalu aduk rata. Selanjutnya tambahkan kembali 300 ml susu hangat dan aduk rata kembali.
  • Setelah itu pindahkan adonan susu dengan yogurt kedalam sebuah wadah yang sudah direbus tadi. Kemudian tutup rapat dengan menggunakan kain lap bersih. simpan adonan tadi dalam ruangan hangat seperti lemari selama sekitar 10 hingga 12 jam.
  • Jika sudah didiamkan selama kurang lebih 10 jam bisa diperiksa serta dicicipi dahulu apakah adonan tadi sudah mengental dan memiliki rasa yang asam. Jika sudah mengental dan asam, adonan tersebut bisa dipindahkan kedalam lemari es.
  • Yogurt sudah bisa dinikmati dengan tambahan buah-buah segar diatasnya.
Untuk sedikit tips tambahan :
  • Biang yogurt yang biasa dipakai yaitu yogurt plain, tidak ada rasa dan tidak menggunakan pewarna dan dapat dibeli di supermarket.
  • Jika menginginkan yogurt yang low fat, bisa memakai susu yang low fat dan tidak perlu menggunakan susu bubuk.
  • Jika menginginkan yogurt yang manis, bisa memakai gula, syrop atau madu pada saat proses awal merebus susu.
  • Jika menginginkan yogurt dengan rasa buah, bisa dilakukan jika yogurt sudah selesai diolah dengan cara memberi buah segar diatasnya.
  • Yogurt juga dapat disimpan hingga 1 minggu dalam keadaan dingin.
Selamat mencoba resep dan cara membuat yogurt home made enak dan lezat ini. Semoga resep hari ini sedikit banyak dapat bermanfaat serta menginspirasikan ibu dirumah dalam membuat sajian lezat dirumahnya. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT YOGURT HOME MADE ENAK DAN LEZAT

Yougurt merupakan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri baik sehingga menghasilkan sesuatu yang baik dan enak pula. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar