Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT DONAT KENTANG ENAK DAN LEZAT

Sabtu, 23 November 2013 0 komentar

donat kentang enak dan lezat - Resep kita pada hari ini yaitu akan membahas tentang donat, dimana donat inipun tidak menggunakan bahan telur ayam tetapi menggunakan kentang sebagai pengganti telurnya. Donat kentang inipun mempunyai rasa yang enak dan tidak jauh berbeda rasanya jika menggunakan telur. Bila kita mempunyai ide dan kreasi yang lain mungkin akan banyak macam variasi donat yang dapat kita kreasikan dan memiliki rasa yang lezat pula. Untuk bahan-bahan serta bumbu yang digunakan pun juga sangat sederhana dan mudah untuk kita dapatkan seperti tepung terigu, margarine atau mentega, ragi, gula pasir, kentang serta ada beberapa bahan tambahan lainnya. Dalam proses pengolahan donat kentang inipun dapat kita bilang simple dan mudah. Adapun cara pembuatannya serta bahan-bahan yang dipakai secara lengkap dapat dilihat dibawah ini.
 
Bahan :
  1. 500 gram tepung terigu.
  2. 75 gram gula pasir.
  3. 30 gram ragi.
  4. 150 gram kentang (kukus lalu buang kulitnya).
  5. 150 gram susu sapi encer.
  6. 100 gram margarine.
  7. Vanili secukupnya.
  8. 1/2 sdm parutan kulit jeruk sunkis.
  9. Selai  blueberry sebagi olsan donat.
Cara membuatnya :
  • Langkah pertama masukkan 150 gram susu sapi encer ke dalam sebuah panci dan masukkan juga parutan kulit jeruk sunkisnya. Setelah itu masukkan juga margarine serta vanili, kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang sampai margarine meleleh. Angkat dan sisihkan.
  • Selanjutnya didalam sebuah wadah terpisah masukkan tepung terigu, gula pasir serta ragi dan aduk-aduk hingga kesemua bahan tercampur rata. Setelah semua bahan tercampur rata tuangkan adonan margarine serta susu cair yang telah dilelehkan tadi kedalam adonan tepung kemudian aduk-aduk rata kembali.
  • Kemudian aduk Uleni adonan tersebut dengan menggunakan tangan hingga tercampur rata dan tidak lengket lagi pada tangan. Bentuk bulat adonan tersebut lalu endapkan kurang lebih selama 1 jam hingga adonan mengembang.
  • Jika adoanan sudah mengembang, uleni kembali adonan dengan menggunakan tangan hingga kembali mengempis. Selanjutnya ambil sedikit adonan dan bentuk-bentuk menjadi bola kecil dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan jari sambil diratakan. Lakukan hingga semua adonan habis kemudian diamkan kembali adonan yang telah dibentuk donat kurang lebih selama 15 menit.
  • Terakhir, goreng semua adonan donat yang sudah disimpan tadi hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  • Sajikan donat kentang diatas piring saji dengan diberi olesan selai blueberry diatasnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat donat kentang enak dan lezat ini. Semoga resep donat kita hari ini dapat memberikan lebih banyak lagi manfaat serta dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam berkreasi untuk dapat membuat sajian sedap kepada suami dan anak-anak tercinta dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT DONAT KENTANG ENAK DAN LEZAT

Resep kita pada hari ini yaitu akan membahas tentang donat, dimana donat inipun tidak menggunakan bahan telur ayam tetapi menggunakan kentang sebagai pengganti telurnya. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar