Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEPES IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT

Jumat, 15 November 2013 0 komentar

PEPES IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT - Berbagai macam resep masakan yang ada di Indonesia merupakan reresp-resep tradisional dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia, sama halnya seperti resep yang akan kita bahas hari ini yaitu resep pepes ikan tongkol. Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang kaya akan protein hewani serta sangat lezat jika sudah diolah menjadi suatu makanan. Dalam mengolah masakan ini tidaklah sulit untuk dilakukan, bahan-bahan yang dibutuhkanpun sering kita jumpai dan sangat mudah pula untuk didapat seperti bahan utamanya sendiri yaitu ikan tongkol ditambah dengan bahan bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, asam jawa, gula merah serta beberapa bumbu tambahan lainnya. Untuk mengetahui apa saja bumbu serta cara membuat pepes ikan tongkol ini antara lain sebagai berikut.

Bahan :

  1. 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang (cuci bersih kemudian potong sesuai selera).
  2. 2 lembar daun salam.
  3. Beberapa lembar daun pisang (untuk membungkus).
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 4 siung bawang merah.
  2. 4 siung bawang putih.
  3. 6 buah cabai merah keriting.
  4. 1 ruas kunyit kira-kira 2 cm.
  5. Asam jawa (secukupnya).
  6. 5 sdm gula merah.
  7. Garam halus (secukupnya).
  8. Penyedap Rasa (secukupnya).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula ulek halus semua bahan bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, 2 cm kunyit, asam jawa, serta gula merah.
  • Tambahkan pula garam halus serta penyedap rasa kedalam ulekan bumbu yang dihaluskan.
  • Selanjutnya masukkan potongan ikan tongkol kedalam bumbu halus kemudian aduk-aduk rata agar semua bumbu menutupi semua potongan ikan tongkolnya.
  • Setelah itu siapkan beberapa lembar daun pisang dan beri daun salam diatasnya, kemudian tambahkan potongan ikan yang telah dibumbui lalu bungkus dan tutup rapat daun pisangnya. Kukus sampai pepes benar-benar matang.
  • Terakhir sajikan pepes ikan tongkol selagi hangat bersama nasi putih hangat.
Selamat mencoba resep dan cara membuat pepes ikan tongkol enak dan lezat ini. Semoga resepe pepes yang dibahas dalam artikel kali ini dapat lebih bermanfaat serta dapat membuat ibu-ibu dirumah berkreasi menciptakan resep yang tentunya lezat untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEPES IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT

Berbagai macam resep masakan yang ada di Indonesia merupakan reresp-resep tradisional dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia, sama halnya seperti resep yang akan kita bahas hari ini yaitu resep pepes ikan tongkol. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar