Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBALA IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT

Selasa, 04 Maret 2014 0 komentar

sambal Ikan Tongkol - Assalamualaikum wr wb, selamat pagi kembali kepada para pembaca setia blog ini. Semoga dipagi hari yang tetap cerah ini kita semua masih diberikan nikmat sehat oleh Allah SWT agar ibu-ibu dirumah serta para pembaca setia blog ini dapat menghidangkan masakan yang lezat kepada anak dan suami tercinta dirumah. Dikesempatan kali ini penulis akan coba membahas suatu masakan yang hampir mirip dengan resep yang penulis bahas sebelumnya, nama resep kita kali ini yaitu sambal ikan tongkol enak dan lezat. Sambal ikan tongkol merupakan suatu olahan makanan yang diolah dari bahan utamanya berupa ikn tongkol yang kemudian dimasak dengan sambal serta tambahan beberapa bumbu dapur lainnya. Dalam mengolah makanan lezat ini tentunya tidaklah sulit untuk dibuat, adapun untuk ibu-ibu serta para pembaca mengetahui secara lengkap apa saja bahan yang dipakai serta bagaimana proses membuatnya antara lain sebagai berikut.
Bahan :
  1. 1 kg ikan tongkol (siangi dan bersihkan bagian dalam perutnya).
  2. 1 ruas kunyit ukuran 1 cm.
  3. 2 sdm air perasan jeruk nipis.
  4. 2 buah tomat segar.
  5. 6 siung bawang merah.
  6. 5 siung bawang putih.
  7. 10 buah cabai merah.
  8. 5 buah cabai rawit merah.
  9. Garam kasar secukupnya.
  10. Ketumbar secukupnya.
  11. 2 sdt gula jawa.
  12. 2 lembar daun jeruk nipis.
  13. 2 sdm kecap manis.
  14. minyak goreng secukupya untuk menggoreng.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula lumuri ikan tongkol dengan menggunakan air perasan jeruk nipis kemudian endapkan.
  • Selanjutnya haluskan bahan-bahan seperti 1 siung bawang putih, kunyit, ketumbar serta garam kasar lalu lumuri kembali kedalam ikan tongkolnya hingga bumbu meresap kesemua ikannya.
  • Kemudian goreng ikan setengah matang lalu angkat dan tiriskan sebentar.
  • Untuk langkah berikutnya ulek halus bahan-bahan seperti cabai merah dan cabai rawit, bawang merah dan putih, terasi, serta tomatnya.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan daun jeruk, gula jawa, garam kasar, lalu beri sedikit air agar bumbu gampang meresap.
  • Setelah dirasa sudah mengeluarkan gelembung-gelembung, masukkan ikan tongkol setengah matang kedalam tumisan. Masak hingga bumbu benar-benar meresap kedalam ikannya.
  • Terakhir, sajikan sambal ikan tongkol bersama dengan nasi putih hangat dan lalapannya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal ikan tongkol enak dan lezat ini. Semoga resep yang penulis bahas kali ini banyak memberikan manfaat serta inspirasi kepada para pembaca dan ibu-ibu dirumah untuk dapat menghidangkan masakan lezat kepada keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBALA IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT

Sambal ikan tongkol merupakan suatu olahan makanan yang diolah dari bahan utamanya berupa ikn tongkol yang kemudian dimasak dengan sambal serta tambahan beberapa bumbu dapur lainnya. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar