Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT IKAN CAKAALANG BUMBU RICA-RICA ENAK DAN LEZAT

Sabtu, 15 Maret 2014 0 komentar

Ikan Cakalang Bumbu Rica-rica - Assalamualaikum wr wb, selamat pagi penulis kembali ucapkan kepada para ibu-ibu dirumah dan pembaca setia blog tentang berbagai macam resep makanan dan minuman yang tentunya enak dan lezat. Semoga dipagi hari ini kita semua masih tetap selalu diberikan nikmat kesehatan oleh Allah SWT agar kita dapat memasak masakan yang lezat untuk kerabat serta keluarga dirumah. Pada hari ini penulis ingin membahas suatu resep lauk pauk dengan bumbu rumahan yaitu ikan cakalang bumbu rica-rica. ikan cakalang bumbu rica-rica ini merupakan suatu masakan khas Indonesia yang memiliki rasa yang pedas dan lezat dan dimasak menggunakan resep kreasi sehingga menghasilkan masakan khas Indonesaa yang sedap. Dalam proses membuat jenis lauk ini bahan-bahan yang kita pakai nantinya tidaklah sulit serta proses membuatannya pun dapat dikatakan simple. Untuk dapat mengetahui bahan serta cara pembuatannya secara lengkap yakni sebagai berikut.
Bahan :
  1. 1 ekor ikan cakalang segar (Cuci bersih lalu potong jadi 2 bagian dn buang bagian kepalanya).
  2. 5 siung bawang merah.
  3. 4 siung bawang putih.
  4. 10 buah cabai merah.
  5. 5 buah cabai rawit.
  6. 8 lembar daun jeruk.
  7. 1 buah jeruk nipis.
  8. 2 batang serai (geprek).
  9. 1 ruas jahe ukuran 5 cm (geprek).
  10. Air matang secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula potongan ikan cakalang tadi lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan beri pula taburan garam kasar secukupnya lalu endapkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah itu panggang potongan ikan cakalang sampai matang dan berubah warna menjadi coklat keemasan.
  • Setelah dipanggang suwir-suwir daging ikannya dan buang tulangnya.
  • Selanjutnya haluskan bahan seperti bawang merah dan putih, cabai, serta jahe. Lalu sipakan minyak panas dan tumis bumbu halus hingga wangi dan masukan suwiran ikan cakalang, serai, daun jeruk, serta beri air dan garam secukupnya. Masak terus sambil diaduk sampai air meresap kedalam ikan dan mengering.
  • Terakhir, sajikan ikan cakalang diatas piring saji dalam keadaan hangat ditambah dengan nasi putih yang hangat pula.
Selamat mencoba resep dan cara membuat ikan cakalang bumbu rica-rica enak dan lezat ini. Semoga resep yang penulis sajikan kali ini dapat membantu dan memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian dan ibu-ibu dirumah agar bisa menghidangkan masakan lezat untuk kerabat dan keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT IKAN CAKAALANG BUMBU RICA-RICA ENAK DAN LEZAT

ikan cakalang bumbu rica-rica ini merupakan suatu masakan khas Indonesia yang memiliki rasa yang pedas dan lezat dan dimasak menggunakan resep kreasi sehingga menghasilkan masakan khas Indonesaa yang sedap. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar