Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT AYAM SAMBAL BUMBU SPESIAL ENAK DAN LEZAT

Senin, 10 Februari 2014 0 komentar


Ayam Sambal Bumbu Spesial - Assalamualaikum wr wb penulis ucapkan kepada ibu-ibu dirumah. Semoga dpagi hari yang cerah ini kit semuanya masih diberikan nikmat kesehatan oleh Allah SWT agar kita dapat selalu memasak masakan atau makanan yang lezat kepada keluarga tercinta dirumah. Pada kesempatan kali ini penulis ingin coba membahas suatu masakan yang mungkin ibu-ibu dirumah sudah mengetahuinya, namun resep yang akan kita bahas kali ini ditambah dengan resep kreasi sehingga rasa yang akan disajikan nantinya spesial. Resep yang akan kita buat ini yaitu ayam sambal bumbu spesial. Ayam sambal bumbu spesial ini merupakan suatu masakan yang terbuat dari bahan utamanya berupa ayam potong yang kemudian dibumbu dengan sambal sehingga jadilah masakan ini. Namun tidak hanya seperti itu saja dalam membuat masakan ini, kita juga harus menyiapkan bumbu-bumbu yang nantinya akan digunakan. Proses membuatnya pun tidaklah sulit untuk dilakukan, adapun bahan yang digunakan serta proses membuatnya secara lengkap antara lain sebagai berikut.

Bahan :
  1. 1/2 kg daging ayam (bersihkan dan potong sesuai selera).
  2. 200 gram cabai merah keriting.
  3. 10 buah cabai rawit merah.
  4. 4 siung bawang merah.
  5. 10 siung bawang putih.
  6. 1 batang serai.
  7. 1 ruas lengkuas kira-kira 2 cm (geprek lalu iris tipis).
  8. 1 lbr daun jeruk nipis.
  9. 3 lbr daun salam.
  10. 1 sdm gula merah.
  11. 1 sdt garam kasar.
  12. lada secukupnya.
  13. 4 sdm kecap manis.
  14. 100 ml air matang.
  15. Minyak goreng secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula panaskan minyak goreng lalu goreng sebentar cabai merah keriting, cabai rawit bawang merah dan putih hingga tampak layu. Setelah itu, ulek halus bahan-bahan yang sudah digoreng tadi.
  • Selanjutnya panaskan kembali minyak goreng lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama dengan serai, lengkuas, daun jeruk serta daun salam hingga harum.
  • Setelah bumbu harum, tambahkan potongan daging ayam kedalam bumbu tumis dan masak hingga ayam matang. Kemudian tuangkan air kedalam tumisan dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap kedalam ayam.
  • Jika bumbu dirasa mulai menyusut lalu masukan gula merah, gula, garam, lada, serta kecap manisnya dan aduk rata kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  • Terakhir, sajikan ayam sambal dalam keadaan hangat bersama dan nasi putihnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat ayam sambal bumbu spesial enak dan lezat ini. Semoga resep yang penulis sajikan pada hari ini banyak membantu serta bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam menyajikan hidangan lezat untuk anak dan suami tercinta. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT AYAM SAMBAL BUMBU SPESIAL ENAK DAN LEZAT

Ayam sambal bumbu spesial ini merupakan suatu masakan yang terbuat dari bahan utamanya berupa ayam potong yang kemudian dibumbu dengan sambal sehingga jadilah masakan ini. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar