Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KLEPON LEZAT KHAS INDONESIA

Rabu, 31 Juli 2013 0 komentar

Klepon atau sering disebut kelepon merupakan salah satu jenis kue basah tradisional khas Indonesia. Kue jenis ini dibuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau lalu diolah menjadi suatu adonan, kemudian adonan tersebut dibentuk menyerupai bola-bola kecil dan didalamnya diberi parutan gula merah lalu dikukus atau direbus hingga matang. Dan setelah matang klepon ini diberi taburan berupa parutan kelapa.
Klepon di daerah Sumatera disebut dengan onde-onde, didaerah jawa dan beberapa wilayah Indonesia lainnya ada yang menyebut onde-onde dengan klepon. Perbedaan antara onde-onde dan klepon adalah onde-onde biasanya tidak menggunakan pewarna hijau makanan dalam adonannya serta menggunakan wijen sebagai taburan diatasnya. Sedangkan klepon menggunakan pewarna hijau makanan didalam adonannya lalu menggunakan taburan kelapa diatasnya.
Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang apa resep serta bagaimana cara membuat klepon.

Bahan-bahan : 
1. 200 gram tepung ketan.
2. 100 ml air matang (dingin).
3. 2 tetes pewarna hijau makanan atau ½ gelas air dari sari daun pandan yang pekat.
4. 50 gram gula merah (sisir halus).
5. ¼ sdt garam halus.

Bahan pelengkap : 
1. 100 gram kelapa parut.
2. ½ sdt garam halus.
Kukus kelapa parut bersama garam kurang lebih 5-10 menit kemudian tiriskan.

Cara membuatnya :
  • Mula-mula, campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan serta pewarna hijau makanan lalu aduk hingga merata. Selanjutnya tambahkan pula air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan dapat diuleni.
  • Setelah adonan terbentuk dan dapat diuleni, ambil adonan kira-kira 1 ½ sendok makan, kemudian bentuk adonan menyerupai bola kecil lalu beri ruang ditengahnya.
  • Selanjutnya isi bagian tengah adonan dengan ½ sendok teh gula merah, lalu tutup dan bentuk kembali menjadi bola kecil. Lakukan sampai semua adonan tepung ketan habis.
  • Jika semua adoan telah terbentuk bola-bola kecil dan sudah diisi dengan gula merah, rebus adonan bola-bola kecil tersebut hingga matang.
  • Terakhir, taburi semua onde-onde yang telah matang dengan kelapa parut lalu sajikan ditas piring saji.
Semoga resep dan cara membuat klepon lezat khas Indonesia ini dapat berguna bagi ibu-ibu yang ingin membuat klepon. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar