Pages

RESEP DAN CAR MEMBUAT LEMANG ENAK DAN GURIH

Senin, 15 Juli 2013 0 komentar

Lemang merupakan makanan atau panganan khas dari suku dayak didaerah Kalimantan yang berbahan dasar beras ketan di campur dengan santan kelapa kemudian dimasak dengan menggunakan bambu. Bagi suku Dayak, lemang dijadikan sebagai makanan untuk pesta adat mereka. Sedangkan suku Melayu, lemang juga disajikan sebagai makanan pada hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Cara penyajian serta cara mengkonsumsi lemang juga berbeda untuk setiap daerah. Ada yang mengkonsumsi lemang dengan tambahan selai serikaya atau selai-selai manis lainnya. Ada juga yang mengkonsumsi lemang dengan rendang serta lauk pauk lainnya. Cara membuat lemang sangatlah mudah.

Bahan :

1. 1 kg beras ketan.
2. 1 litter santan kelapa.
3. 1 sdt garam halus.
4. 1 tangkai daun pisang (ambil daunnya saja).
5. 2 batang buluh bambu (bersihkan bagian dalam dari buluh bambu tersebut).

Cara membuat :
  • Mula-mula cuci beras ketan terlebih dahulu kemudian tiriskan. Selanjutnya, tambahkan santan kelapa bersama garam kedalam beras ketan yang telah dicuci tadi.
  • Setelah itu, siapkan bambu lalu lapisi bagian pinggiran dalam bambu dengan daun pisang kemudian tuangkan beras ketan yang telah diberi santan tadi sebanyak ¾ dari bagian bambu, lalu tutupi bagian atas bambu dengan daun pisang.
  • Terakhir, Siapkan api lalu bakar bambu yang sudah berisi beras ketan hingga matang. Setelah lemang matang, keluarkan lemang dari bambu kemudian potong-potong lalu sajikan.
Selamat mencoba resep dan cara membuat lemang enak dan gurih ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar