Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SERUNDENG KELAPA GURIH KHAS INDONESIA

Sabtu, 27 Juli 2013 0 komentar

Serundeng merupakan salah satu dari sekian banyak masakan terkenal khas Indonesia yang biasanya dipakai sebagai taburan untuk lauk-pauk. Panganan jenis ini dibuat dari kelapa parut sebagai bahan utamanya. Kemudian diberi tambahan bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, gula, ketumbar serta bahan-bahan tambahan lainnya yang selanjutnya digoreng atau disangrai hingga berwarna kekuning-kuningan. Biasanya serundeng dihidangkan diatas daging sapi panggang atau goreng yang sering disebut dengan serundeng daging. Serundeng juga biasanya sering ditaburi diatas soto atau ketan sebagai penambah rasa gurih dalam suatu masakan.
Di negara tetangga seperti Malaysia, mereka menyebut serundeng dengan kata serunding. Akan tetapi serunding mempunyai bahan utama berupa daging sapi atau daging ayam yang diolah seperti abon, sedangkan di Indonesia serundeng dibuat dari bahan utama yaitu kelapa parut.
Dalam artikel kali ini juga akan dijelaskan resep membuat serundeng kelapa.

Bahan-bahan :
1. 2 butir kelapa yang sudah diparut.
2. 3 lembar daun salam.
3. 2 lembar daun jeruk purut.
4. 1 ruas lengkuas (geprak dan memarkan).
5. 2 sdm gula pasir.

Bahan bumbu yang dihaluskan :
1. 3 siung bawang putih.
2. 4 siung bawang merah.
3. 1 ruas kunyit kira-kira 4 cm.
4. 1 sdt ketumbar.
5. Garam halus secukupnya.

Cara membuat :
  • Pertama, ulek hingga halus semua bumbu yang dihaluskan kemudian campurkan kedalam kelapa parut, lalu aduk semua bahan hingga rata.
  • Selanjutnya siapkan wajan kemudian sangrai kelapa yang telah diberi bumbu tadi bersama dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serta gula pasir. Sangrai hingga semua bahan meresap kedalam kelapa parut dan mengering.
  • Setelah parutan kelapa mengering dan berwarna kekuning-kuningan, angkat dan tiriskan serundeng.
Terakhir, sajikan serundeng sebagai bahan taburan untuk ketan agar terasa lebih gurih ketika disantap. Selamat mencoba resep dan cara membuat serundeng kelapa gurih khas Indonesia ini. Semoga resep ini dapat membantu anda dirumah untuk belajar memasak serundeng.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SERUNDENG KELAPA GURIH KHAS INDONESIA

Serundeng merupakan salah satu dari sekian banyak masakan terkenal khas Indonesia yang biasanya dipakai sebagai taburan untuk lauk-pauk. 4 out of 5 based on 4 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar