Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI KEBULI LEZAT KHAS INDONESIA

Rabu, 24 Juli 2013 0 komentar
Nasi kebuli merupakan nasi yang memiliki bumbu dengan citarasa yang gurih yang dibuat oleh warga Indonesia keturunan Arab dan India. Masakan nasi jenis ini dimasak bersama dengan kaldu dari daging kambing, susu cair, serta minyak samin. Nasi kebuli ini sendiri disajikan bersama daging kambing goreng serta diberi taburan dengan irisan kismis. Masakan seperti ini sangat populer dilingkungan masyarakat betawi. Nasi kebuli ini juga memberikan pengaruh besar dari budaya India muslim dan Arab Yaman kepada masyarakat Indonesia. Dalam budaya yang ada di Indonesia, nasi kebuli sering disajikan dalam hari-hari besar agama Islam ataupun pesta pernikahan.

Bahan-bahan :

1. 500 gram beras kwalitas baik (cuci beras tersebut).
2. ½ liter air kaldu kambing.
3. 1 gelas susu cair.
4. 1 batang serai (geprak dan memarkan).
5. 2 lbr daun salam.
6. 3 butir kapulaga
7. 3 butir cengkeh.
8. 4 sdm minyak samin.
9. Kismis secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan : 

1. 6 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. ½ sdm jintan.
4. ½ sdm merica butir.
5. 1 sdm ketumbar.
6. 1 ruas jahe kira-kira 1 cm.
7. Garam dan gula pasir secukupnya.

Cara membuat :
  • Mula-mula siapkan wajan lalu panaskan minyak samin, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan serai, daun salam, kapulaga, cengkeh, dan kismis. Tumis bumbu tersebut hingga harum.
  • Selanjutnya masukkan beras yang telah dicuci bersama kaldu kambing serta susu cair kedalam tumisan. Kemudian masak dan aroni nasi tersebut hingga air kaldunya habis.
  • Setelah nasi diaroni, siapkan dandang lalu kukus hingga nasi benar-benar matang.
Terakhir, sajikan nasi kebuli hangat bersama dengan taburan bawang goreng dan daging kambing goreng. Semoga resep dan cara membuat nasi kebuli lezat khas Indonesia ini dapat menambah pengetahuan anda tentang berbagai macam masakan Indonesia. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar