Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SEMUR DAGING SAPI ENAK DAN LEZAT KHAS BETAWI

Sabtu, 06 Juli 2013 0 komentar

Semur merupakan salah satu dari sekian banyak masakan khas Indonesia. Semur adalah masakan khas dari daerah DKI Jakarta yang memiliki bahan utama seperti daging rebus yang diberi bumbu-bumbu rempah khas Indonesia seperti bawang bombay, bawang merah, cengkeh, pala, kecap manis serta bumbu-bumbu penyedap lainnya. Kecap manis pada semur merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam proses pembuatan semur ini karena kecap manis ini memiliki fungsi sebagai penambah serta penguat cita rasa dalam memasak semur, akan tetapi rasa dari kecap dan bumbu-bumbu lainnya harus tetap harmonis. Pada artikel kali ini akan dibahan mengenai resep dan cara membuat semur daging sapi khas Betawi.

Bahan :

1. ½ kg daging sapi.
2. 5 siung bawang merah (iris-iris tipis).
3. 1 bh bawang bombay (iris-iris tipis).
4. 1 bh tomat (potong dadu).
5. 4 sdm kecap manis.
6. Minyak goreng secukupnya.
7. 1 liter kaldu sapi.

Bahan bumbu 1 :

1. 1 cm jahe.
2. 4 btr kemiri (sangrai).
3. ¼ sdt jintan (sangrai).
4. ½ sdm ketumbar (sangrai).
5. 3 siung bawang putih.
6. 6 siung bawang merah.
7. ½ sdm garam halus.

Bahan bumbu 2 :

1. 4 btr cengkeh.
2. 2 lbr daun salam.
3. 2 btg serai (geprek dan memarkan).
4. ½ sdt pala bubuk.
5. ½ sdt merica bubuk.
6. ½ sdm garam.

Cara membuat :
  • Pertama, bersihkan daging sapi yang telah disiapkan kemudian potong dadu.
  • Selanjutnya haluskan semua bahan-bahan 1, kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus 1. Selanjutnya masukkan cengkeh, daun salam, serai, pala bubuk, merica, serta garam. tumis semua bumbu tadi hingga wangi.
  • Setelah itu masukkan daging sapi dan potongan tomat kedalam tumisan, kemudian aduk secara merata hingga daging berubah warna. Tambahkan pula kecap manis lalu aduk kembali hingga merata.
  • Selanjutnya tuangkan 1 liter air kaldu sapi kedalam tumisan daging tadi, lalu rebus daging sapi hingga empuk dan air kaldu menyusut. Setelah itu angkat dan tiriskan semur daging sapi diatas mangkuk.
Taburi semur daging sapi dengan bawang goreng agar cita rasa semur daging sapi lebih enak dan sajikan bersama nasi putih hangat. Selamat mencoba resep dan cara membuat Semur daging sapi enak dan lezat khas Betawi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar