Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE CUCUR MANIS KHAS INDONESIA

Jumat, 19 Juli 2013 0 komentar

Di Indonesia kue merupakan panganan ringan sebagai hidangan pembuka serta penutup dalam suatu jamuan, atau sebagai makanan pengganti cemilan. Kue kebanyakan mempunyai rasa yang manis dan gurih. Kue sendiri terbagi atas dua jenis yaitu kue basah dan kue kering dimana kue tersebut dikategorikan berdasarkan kadar air serta kelembutan dari kuenya sendiri. Kue basah kebanyakan memiliki tekstur yang empuk serta lembut, sedangkan untuk kue kering biasanya memiliki tekstur yang sedikit keras dan padat.
Kue cucur salah satunya merupakan kue basah tradisional yang ada di Indonesia. Kue cucur ini memiliki cita rasa yang manis dari gula merahnya serta memiliki aroma yang sedap dari daun pandan yang digunakan.
Adapun cara membuat kue cucur antara lain :

Bahan :

1. 300 gram tepung beras.
2. 50 gram tepung terigu.
3. ½ sdt garam.
4. Minyak goreng.

Bahan untuk membuat larutan gula :

1. 300 gram gula merah (lalu sisir halus).
2. 50 gram gula pasir.
3. ½ litter air matang.
4. ½ sdm kayu manis bubuk.
5. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm lalu iris memanjang kemudian ikat simpul).

Cara membuat :
  • Untuk membuat larutan gula merahnya : mula-mula siapkan panci lalu masak air bersama dengan gula merah, gula pasir, kayu manis serta daun pandan. Masak semua bahan untuk membuat larutan gula hingga mendidih sambil di aduk-aduk sampai tercampur rata lalu tiriskan.
  • Untuk membuat kue cucurnya : Siapkan wadah atau baskom kecil kemudian masukkan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung terigu, serta garam lalu aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. Kemudian masukkan sebagian saja larutan gula kedalam adonan tepung, kemudian aduk kembali menggunakan tangan kira-kira 20 menit sampai adonan rata. Selanjutnya masukkan kembali sisa larutan gula kedalam adonan sambil ditepuk-tepuk hingga adonan kue cucur terasa ringan.
  • Tahap selanjutnya, siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng. Kemudian masukkan adonan menggunakan sendok berukuran besar kedalam minyak goreng, lalu goreng adonan hingga matang. Pastikan adonan kue cucur yang digoreng benar-benar matang secara merata dan goreng hingga semua adonan habis.
  • Terakhir, sajikan kue cucur diatas piring saji.
Kue cucur tradisional khas Indonesia sudah siap disantap oleh keluarga anda. Selamat mencoba resep dan cara membuat kue cucur manis khas Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar