Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT DODOL MANIS KHAS INDONESIA

Sabtu, 27 Juli 2013 0 komentar


Dodol merupakan salah satu jajanan manis yang terbuat dari tepung ketan, santan kelapa, gula pasir, gula merah serta ditambah dengan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan untuk membuat dodol tidaklah sulit untuk ditemukan, hanya saja membutuhkan waktu serta keterampilan khusus dalam pengolahannya hingga menjadi dodol yang berkwalitas baik. Di zaman modern ini banyak macam variasi rasa yang ada pada dodol, mulai dari dodol rasa durian ataupun dodol rasa nangka. Didaerah Jawa Timur, dodol disebut dengan jenang. Akan tetapi bentuk dari jenang sendiri agak sedikit lebih lembek, sedangkan dodol terasa padat dan kesat. Cara pengemasan dodol sendiri biasanya dibungkus menggunakan plastik atau kertas roti.
Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara serta apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat dodol manis ini.

Bahan-bahan :

1. 1 kg tepung ketan.
2. 100 gram tepung beras.
3. 2 kg gula merah kwalitas baik kemudian sisir halus.
4. 500 gr gula pasir kwalitas baik.
5. 2 liter santan kelapa kental.
6. 2 liter santan kelapa encer.
7. ½ sdm garam halus.
8. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.
9. Nampan yang telah dilapisi daun pisang sebagai alas.

Cara membuat :

  • Mula-mula siapkan wajan yang agak besar kemudian masak santan kental, gula merah, gula pasir, daun panda, serta garam hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan diamkan santan dengan api kecil kemudian buang daun pandannya.
  • Setelah itu siapkan wadah atau baskom kecil kemudian campurkan santan encer, tepung ketan serta tepung beras lalu aduk hingga rata.
  • Setelah itu, masukkan larutan tepung tadi kedalam santan kental yang telah direbus, lalu aduk perlahan hingga adonan mengental dan matang kemudian angkat. Sedikit tips agar adonan masak merata yaitu aduk-aduk terus adonan jangan berhenti sampai adonan benar-benar mengental dan matang.
  • Setelah dodol matang, tuangkan dodol keatas nampan yang telah diberi alas daun pisang kemudian dinginkan. Jika dodol sudah dingin, cetak dodol kecil-kecil atau sesui selera anda kemudian bungkus dengan menggunakan kertas roti.
Sajikan dodol manis ini sebagai makanan pencuci mulut setelah makan besar. Semoga resep dan cara membuat dodol manis ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba resep ini dirumah anda dan semoga berhasil.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar