Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES CENDOL ENAK KHAS BANDUNG

Minggu, 14 Juli 2013 0 komentar

Es cendol adalah minuman dingin dan manis yang terbuat dari olahan tepung beras yang kemudian ditambah dengan parutan es serta santan kelapa dan larutan gula merah. Es cendol ini merupakan minuman khas masyarakat Sunda, Jawa Barat, akan tetapi es cendol ini sudah sangat populer hampir diseluruh wilayah Indonesia. Es cendol ini memiliki khas tersendiri yaitu dimana tepung beras yang diolah kemudian diberi pewarna hijau alami yang terbuat dari sari daun pandan atau daun suji yang telah diolah, selanjutnya dicetak membentuk serutan-serutan kecil. Tetapi saat ini ada juga yang menggunakan pewarna hijau buatan khusus untuk makanan sebagai pengganti daun pandan atau daun suji. Cara membuat es cendol tidaklah sulit.

Bahan-bahan :


1. 100 gram tepung beras.
2. 20 gram tepung hunkwe.
3. 50 gram tepung kanji.
4. 100 ml air dari sari daun pandan.
5. 100 ml air dari sari daun suji.
6. 500 ml air matang.
7. ¾ sdm air kapur sirih.
8. ½ sdm garam halus.

Bahan untuk membuat santan kelapa :


1. 1,5 liter santan kelapa.
2. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm kemudian ikat simpul).
3. 1 sdt garam halus.

Bahan untuk membuat larutan gula merah :

1. 250 ml air.
2. 500 gram gula merah (sisir halus).
3. 75 gram gula pasir.
4. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm kemudian ikat simpul).

Bahan pelengkap :

1. Kerukan daging kelapa muda.
2. Irisan daging buah nangka yang telah matang.
3. Nata de coco.
4. Serutan batu es.

Cara membuat :

  • Mula-mula masukkan tepung beras, tepung hunkwe, tepung kanji, air dari sari daun pandan dan daun suji, serta air kapur sirih kedalam sebuah panci sambil diaduk rata, kemudian masak hingga adonan mengental. 
  • Setelah adonan cendol mengental, siapkan air matang didalam sebuah ember atau baskom kecil kemudian letakkan cetakan cendol diatasnya. 
  • Selanjutnya tuangkan adonan cendol didalam cetakan, kemudian tekan cetakan hingga adonan cendol keluar dari cetakan dan membentuk serutan-serutan kecil. Lakukan hingga semua adonan cendol habis. Selanjutnya ambil cendol yang sudah jadi kemudian tiriskan.
  • Untuk membuat air santan kelapa, masak semua bahan untuk membuat santan kelapa sampai mendidih tetapi jangan dimasak hingga santannya pecah. Setelah air santan masak lalu tiriskan.
  • Untuk membuat air gula merah, masak semua bahan untuk membuat larutan gula merah sambil diaduk hingga air gula merah mendidih. Setelah air gula merah mendidih kemudian angkat lalu tiriskan.
  • Untuk cara penyajian es cendol, siapkan mangkuk ukuran sedang kemudian masukkan serutan batu es lalu tambahkan pula cendol, kerukan daging kelapa muda, irisan nangka, serta nata de coco secukupnya. Selanjutnya beri larutan gula merah dan air santan kedalam mangkuk. Es cendol sudah siap untuk disantap.
Es cendol sangat enak dinikmati ketika cuaca panas atau sebagai hidangan pencuci mulut. Semoga resep dan cara membuat es cendol enak khas Bandung ini bisa dipraktekkan dirumah anda. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar