Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ONDE-ONDE ENAK DAN LEZAT KHAS INDONESIA

Senin, 08 Juli 2013 0 komentar

Onde-onde merupakan salah satu jenis makanan atau kue jajanan yang sangat terkenal didaerah Mojokerto dan Jakarta, Indonesia. Sejak zaman Majapahit, Mojokerto juga terkenal dengan sebutan sebagai kota onde-onde. Kue onde-onde memiliki bahan dasar berupa adonan tepung ketan atau tepung terigu yang dibentuk bulat lalu diberi taburan biji wijen, kemudian didalamnya juga diberi isian berupa pasta kacang hijau. Onde-onde juga sangat terkenal diluar negri seperti daerah pecinan. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat onde-onde. 

Bahan untuk membuat kulit onde-onde :

1. 500 gram tepung ketan (atau bisa digunakan tepung terigu).
2. 150 ml santan kelapa.
3. 1 sdm Vanili bubuk.
4. 100 gram gula pasir.
5. 250 gram biji wijen.
6. Garam halus secukupnya
7. Air matang.
8. Minyak goreng (untuk menggoreng).

Bahan untuk isian :  

1. Pasta kacang hijau siap pakai (dapat dibeli di supermarket).

Cara membuat :

  • Pertama, hangatkan terlebih dahulu santan yang telah disiapkan. Kemudian siapkan baskom kecil lalu masukkan tepung ketan, vanili, gula pasir, garam halus, dan tambahkan santan yang telah dihangatkan tadi lalu aduk rata. Selanjutnya beri air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga membentuk suatu adonan.
  • Setelah itu, ambil adonan kira-kira 2 sendok makan kemudian pipihkan lalu beri isian pasta kacang hijau secukupnya. Selanjutnya tutup dan bentuk bulat adonan yang telah diberi isian pasta kacang hijau tadi. Lakukan untuk semua adonan hingga adonan habis.
  • Setelah adonan selesai diberi isian, lalu taburi semua adonan dengan menggunakan biji wijen secara merata.
  • Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng lalu goreng semua adonan onde-onde hingga matang.
Setelah semua onde-onde matang kemudian sajikan onde-onde diatas piring saji. Selamat mencoba resep dan cara membuat onde-onde enak dan lezat khas Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar