Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES DAWET AYU KHAS BANJARNEGARA

Minggu, 28 Juli 2013 0 komentar

Es dawet ayu merupakan salah satu minuman dingan yang manis dan menyegarkan khas dari kota Banjarnegara. Minuman dingin ini hampir sama dengan es cendol, hanya saja dawet ayu mempunyai kualitas kekenyalannya dibandingkan dengan cendol pada umumnya. Dawet ayu dibuat dari bahan-bahan pokok seperti tepung beras, tepung tapioka, serta pewarna hijau alami yang berasal dari sari daun pandan. Proses pembentukan dawet ayu pun hampir sama seperti cendol pada umumnya yaitu dengan cetakan, akan tetapi dawet ayu mimiliki ukuran panjang kurang lebih sekitar 0,5 cm sedangkan cendol memiliki panjang sekitar 2 cm. Selain ukuran serta kekenyalan yang membedakan antara dawet ayu dan cendol adalah dari gula yang dipakai oleh keduanya. Dawet ayu menggunakan gula aren bukan menggunakan gula merah biasa.
Adapun cara membuat dawet ayu antara lain : 
Bahan-bahan : 
1. 250 gram tepung beras.
2. 250 gram tepung tapioka.
3. 600 ml air matang.
4. 100 ml air sari daun pandan.
Bahan-bahan untuk santan : 
1. 1 liter santan.
2. ½ sdt garam halus.
3. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.
Bahan untuk larutan gula : 
1. 500 gram gula aren (sisir halus)
2. 250 ml air.
3. 50 gram gula pasir.

Bahan pelengkap : 
1. Es batu yang telah diserut.

Cara membuat :
  • Pertama, aduk secara merata bahan-bahan dawet ayu seperti tepung beras, tepung tapioka, air matang, dan sari daun pandan didalam sebuah panci. Kemudian masak bahn-bahan tersebut hingga mengental.
  • Setelah adonan mengental, cetak adonan tadi kedalam cetakannya. Cetak adonan dawet ayu diatas ember kecil yang berisi air matang agar adonan tidak menggumpal dan membentuk serutan-serutan kecil dengan ukuran sekitar 0,5 cm. Cetak semua adonan hingga habis kemudian tiriskan.
  • Tahap selanjutnya yaitu membuat larutan santan kelapa. Mula-mula masak semua bahan untuk santan hingga mendidih. Usahakan agar kandungan santan jangan sampai pecah ketika dimasak. Setelah masak, dinginkan larutan santannya.
  • Kemudian untuk membuat larutan gula aren yaitu masak gula aren bersama dengan air dan gula pasir hinga mendidih. Setelah larutan gula mendidih lalu angkat dan dinginkan larutan gulanya.
  • Tahap akhir yaitu cara penyajian dawet ayu. Siapkan gelas ukuran besar kemudian tuangkan es batu lalu dawet ayu, larutan santan dan larutan gula aren secukupnya kedalam gelas. Es dawet ayu khas Banjarnegara sudah siap untuk disantap.
Dalam penyajiannya, es dawet ayu ini sering disajikan sebagai hidangan penutup untuk pencuci mulut serta pelepas dahaga dikala cuaca sedang panas. Selamat mencoba resep dan cara membuat es dawet ayu khas Banjarnegara ini, semoga dapat membantu melengkapi resep masakan anda dirumah.

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES DAWET AYU KHAS BANJARNEGARA

Es dawet ayu merupakan salah satu minuman dingan yang manis dan menyegarkan khas dari kota Banjarnegara. 4 out of 5 based on 4 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar