Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES TELER MANIS DAN SEGAR KHAS INDONESIA

Senin, 22 Juli 2013 0 komentar

Es teler merupakan minuman dingin atau biasa dibilang “koktail buah” yang berasal dari Indonesia. Bahan-bahan yang terdapat dalam minuman dingin ini hampir sama seperti pada es campur, dimana memakai buah-buahan segar sebagai bahan utamanya seperti kelapa muda, daging nangka, alpukat, cincau hitam ataupun buah-buahan segar lainnya. Serta dengan tambahan ,susu kental manis, sirop cocopandan, serta air gula. Bedanya es teler dengan es campur yaitu tidak menggunakan bahan tapai singkong didalam daftar bahannya.
Es teler merupakan ciptaan dan kreasi dari Nyonya Muniarti Widjaja yang telah memenangkan ajang kompetisi untuk membuat minuman dingin nasional Indonesia ditahun 1982. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai resep dan cara membuat es teler.

Bahan-bahan yang dibutuhkan : 
1. Serutan daging kelapa muda (dari 1 buah kelapa muda).
2. 7 buah daging nangka yang telah matang (kemudian potong dadu).
3. 2 buah alpukat ukuran besar (keruk dagingnya).
4. 200 gram melon (kemudian potong dadu).
5. Cincau hitam.

Bahan untuk larutan :

1. Es serut.
2. Susu kental manis secukupnya.
3. Sirop cocopandan.
4. Air gula secukupnya.
5. Garam secukupnya.

Cara membuat :
  • Mula-mula tata rapi bahan-bahan seperti daging kelapa muda, nangka, alpukat, melon serta cincau hitam diatas piring saji.
  • Selanjutnya, siapkan gelas lalu tambahkan masing-masing 1 sendok makan bahan-bahan seperti kelapa muda, nangka, alpukat, melon serta cincau kedalam gelas. Kemudian tambahkan pula diatasnya es serut, susu kental manis, sirop cocopandan, sedikit garam serta air gula.
  • Terakhir sajikan es teler selagi masih dingin.
Selamat mencoba es teler manis dan segar khas Indonesia ini dirumah anda. Minuman dingin ini cocok sekali diminum ketika cuaca sedang panas dan terik untuk menghilangkan rasa dahaga.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar