Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE LUPIS MANIS KHAS INDONESIA

Kamis, 01 Agustus 2013 0 komentar

Kue lupis atau lopis adalah salah satu jajanan pasar yang sangat populer didaerah jawa, Indonesia. Kue lupis merupakan kue manis yang diolah dari bahan dasar berupa beras ketan yang diberi taburan kelapa parut lalu diberi larutan gula aren diatasnya.
Dalam artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuta serta apa resep yang dibutuhkan untuk membuat kue lupis yang manis ini.

Bahan-bahan : 
1. 400 gram beras ketan (bersihkan lalu rendam kurang lebih selama 1 jam).
2. 250 gram kelapa parut.
3. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.
4. ¼ sdt garam halus.
5. ½ sdm air kapur sirih.
6. Daun pisang serta tali untuk pembungkus.

Larutan gula : 
1. 350 gram gula aren (sisir halus).
2. 300 ml air matang.

Cara membuat :
  • Pertama, tuangkan ½ sendok makan air kapur sirih kedalam beras ketan yang direndam tadi lalu aduk secara merata.
  • Selanjutnya, ambil selembar daun pisang lalu bentuk segitiga atau berbetuk seperti bangun ruang lupis kemudian isi daun pisang tersebut dengan beras ketan. Setelah diisi, kemudian ikat setiap bagian ujung-ujungnya dengan tali yang telah disiapkan agar tetap rapat. Lakukan untuk setiap lembaran-lembaran daun hingga beras ketan habis.
  • Setelah semua beras ketan terbungkus, kukus beras ketan hingga benar-benar matang.
  • Untuk membuat taburan kelapa, mula-mula kukus kelapa parut bersama garam serta daun pandan kurang lebih 10-15 menit, lalu tiriskan dan dinginkan.
  • Untuk membuat larutan gula, rebus air bersama dengan gula aren hingga menjadi larutan gula yang kental. Selanjutnya angkat dan dinginkan larutan gula tersebut.
  • Untuk cara penyajian kue lupisnya, mula-mula buka semua pembungkus kue lupis dari daun pisang tadi kemudian taruh diatas piring saji. Selanjutnya taburi kue lupis dengan kelapa parut lalu tuangkan pula larutan gula diatasnya.
Kue lupis ini sangat nikmat disantap bersama dengan teh hangat sebagai hidangan sarapan di pagi hari. Semoga resep dan cara membuat kue lupis manis khas Indonesia ini dapat membantu untuk membuat sajian yang lezat dirumah anda. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar