Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT WAJIK ENAK KHAS INDONESIA

Rabu, 10 Juli 2013 2 komentar

Kue wajik atau yang sering kita dengar dengan sebutan wajik adalah sejenis kue tradisional khas masyarakat Melayu. Wajik terbuat dari ketan yang diberi gula merah dan dimasak dengan santan kelapa. Cara memasak wajik biasanya ketan yang digunakan dimasak sampai lembut. Ada juga cara lain memasak wajik yaitu dimana ketannya dimasak stengah matang, akan tetapi cara memasak ini sudah jarang dilakukan orang karena hasil wajik yang dimasak akan keras. Dalam pembuatan wajik juga terdapat variasi rasa sesuai selera, seperti wajik rasa durian. Wajik sendiri biasa disajikan pada hari-hari istimewa seperti pada saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. 
Unuk membuat wajik sendiri tidaklah begitu sulit, yang harus disiapkan antara lain :

Bahan :

1. ½ kg beras ketan.
2. 300 gram gula merah (sisir halus).
3. 2 sdm gula pasir.
4. ½ litter santan kelapa.
5. 1 litter air mendidih.
6. 2 lembar daun pandan (kira-kira 30 cm, kemudian ikat simpul).
7. ¾ sdt garam halus.

Cara membuat :
  • Mula-mula kukus ketan sampai setengah matang, kemudian angkat ketan setengah matang tadi lalu rendam ketan kira-kira 10 menit didalam air mendidih yang telah disiapkan, selanjutnya kukus kembali ketan hingga matang.
  • Setelah itu, masak santan bersama gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam sambil diaduk-aduk hingga santan mengeluarkan minyak. Sedikit informasi, masak larutan santan dan gula hingga benar-benar kental agar menghasilkan wajik yang bagus.
  • Selanjutnya masukkan ketan yang sudah matang tadi kedalam larutan santan lalu diaduk secara merata. Kemudian masak hingga larutan santan dan gula merah terserap merata kedalam ketan.
  • Terakhir, siapkan loyang atau cetakan bolu persegi empat kemudian olesi cetakan dengan menggunakan minyak goreng, lalu tuangkan adonan wajik kedalam loyang tersebut dan dinginkan. Setelah adonan wajik dingin, potong-potong sesuai selera.
Sajikan wajik yang telah dipotong-potong diatas piring saji. Wajik enak khas Indonesia telah siap disantap bersama keluarga anda. Selamat mencoba resep dan cara membua wajik enak khas Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

Selvia mengatakan...

Sangat memuaskan penjelasannya👍

Selvia mengatakan...

Sangat memuaskan penjelasannya👍

Posting Komentar