Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT CAH KANGKUNG GURIH DAN LEZAT

Rabu, 17 Juli 2013 0 komentar

Kangkung merupakan sejenis tanaman sayur-sayuran yang dapat tumbuh didaerah perairan maupun daratan. Tanaman kangkung ini juga banyak tersebar di wilayah Asia. Masyarakat Indonesia khususnya sangat menggemari sayuran jenis ini. Selain cara pengolahannya yang dapat dibilang mudah, kangkung juga memiliki rasa yang gurih dan lezat ketika disantap. Adapun masakan yang dapat diolah dari bahan dasar kangkung yaitu cah kangkung atau tumis kangkung. Di Indonesia sudah banyak variasi dan cara memasak kangkung ini yaitu dengan tambahan seafood, irisan daging ayam atau bakso. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat cah kangkung.

Bahan-bahan :
1. 2 ikat kangkung yang masih segar (bersihkan lalu ambil bagian daun dan batangnya)
2. 4 siung bawang merah (iris-iris tipis).
3. 2 siung bawang merah (iris-iris tipis).
4. ½ siung bawang bombay (iris-iris tipis).
5. 3 buah cabai merah (iris-iris tipis).
6. 1 sdm kaldu ayam bubuk.
7. 1 sdt terasi (bakar).
8. 1 sdt merica bubuk.
9. 2 sdm saus tiram.
10. 2 gelas air matang.
11. Margarine secukupnya (untuk menumis).
12. Gula pasir secukupnya.
13. Garam halus secukupnya.
14. 200 gram udang kecil (sebagai pelengkap).

Cara membuat :

  • Pertama siapkan wajan lalu panaskan margarine. Kemudian tumis hingga harum bawang merah, bawang putih, bawang bombay serta cabai.
  • Setelah tumisan harum, masukkan potongan kangkung dan air matang lalu tumis kembali hingga kangkung setengah layu. Selanjutnya tambahkan pula kaldu ayam, terasi, merica bubuk, saus tiram, gula garam dan udang. Kemudian masak kembali hingga airnya berkurang dan tumisan kangkung matang.
Sajikan cah kangkung yang telah matang keatas piring saji. Sajikan cah kangkung selagi hangat bersama nasi putih hangat beserta ikan atau ayam goreng. Selamat mencoba resep dan cara membuat cah kangkung gurih dan lezat ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar