Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT CIRENG ISI DAGING AYAM KHAS BANDUNG

Jumat, 26 Juli 2013 0 komentar

Cireng merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang sangat terkenal dari era tahun 80-an hingga sekarang. Cireng adalah singkatan kata dari bahasa sunda yang berbunyi aci goreng atau tepung kanji goreng. Makanan ini dibuat dari adonan tepung kanji, tepung terigu, merica, air matang, garam halus, irisan daun bawang, serta bawang putih halus yang kemudian digoreng. Makanan jenis ini juga sangat terkenal di daerah Priangan serta dijual dengan berbagai aneka rasa. Seiring dengan makin berkembangnya zaman, cireng sudah memiliki berbagai aneka rasa mulai dari rasa sosis, baso, daging sapi, daging ayam, serta ada juga yang mempunyai rasa keju. Pada artikel kali ini akan dijelaskan apa resep dan bagaimana cara membuat cireng khas Sunda.
Bahan : 
1. 300 gram tepung kanji.
2. 5 sdm tepung terigu.
3. 1 sdm merica bubuk.
4. 400 ml air matang.
5. 4 siung bawang putih (kemudian tumbuk hingga halus).
6. Garam secukupnya.
7. 2 batang daun bawang (iris tipis).
8. Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng).
9. Potongan Daging ayam goreng untuk bahan isian cireng).
10. 400 gram bumbu kacang atau bumbu gado-gado.

Cara membuat :

  • Siapkan wadah atau baskom kecil kemudian masukkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, merica bubuk, air, serta garam. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata.
  • Selanjutnya masukkan pula kedalam adonan tadi bawang putih halus dan irisan daun bawang kemudian aduk kembali secara merata.
  • Setalah adonan menggumpal, ambil adonan kira-kira 2 sendok makan kemudian bentuk bulat lalu isi bagian tengah adonan dengan potongan daging ayam yang telah disiapkan tadi. Lakukan hingga semua adonan habis.
  • Setelah itu siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, lalu goreng semua adonan cireng yang telah diisi potongan daging ayam tadi hingga matang.
Terakhir, sajikan cireng yang masih hangat diatas piring saji bersama dengan saus kacangnya. Semoga resep dan cara membuat cireng isi daging ayam khas bandung ini dapat membantu anda melengkapi resep masakan di dapur anda. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar