Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KWETIAU SIRAM LEZAT KHAS KALIMANTAN BARAT

Kamis, 11 Juli 2013 0 komentar
 

Kwetiau merupakan sejenis mie yang berasal dari daerah China yang mempunyai warna keputih-putihan dan terbuat dari tepung beras. Kwetiau juga merupakan salah satu panganan yang sangat terkenal di Indonesia, khususnya didaerah yang banyak ditempati warga keturunan China. Warga keturunan China yang banyak berdomisili didaerah Sumatera mempunyai penyajian kwetiau yang berbeda yaitu dengan menambahkan bakso ikan atau telur bebek pada hidangan kwetiau. Sedangkan warga keturunan China yang berdomisili di Kalimantan menggunakan daging sapi serta jeroan-jeroan dalam penyajiannya. Dewasa ini dalam berkembangnya cara penyajian kwetiau, muncullah variasi baru dalam penyajian kwetiau yaitu kwetiau siram. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat kwetiau siram.

Bahan-bahan :


1.    500 gr kwetiau basah (sedu dengan air panas).
2.    200 gr daging ayam (iris-iris tipis).
3.    5 buah bakso sapi (belah menjadi 4 bagian).
4.    3 buah jamur hioko (rendam dalam air hangat kemudian iris tipis).
5.    2 butir telur ayam (kocok lepas).
6.    7 batang caisim (potong-potong kecil).
7.    3 siung bawang putih (cincang kasar).
8.    1 batang daun bawang (cincang kasar).
9.    750 ml air kaldu ayam.
10.    2 sdm saus tiram.
11.    ½ sdt lada bubuk.
12.    2 sdm tepung maizena lalucampur dengan 4 sdm air matang.
13.    2 sdm minyak wijen.
14.    2 sdm minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat :
  • Pertama, panaskan minyak goreng lalu tumis bawang putih sampai wangi. Kemudian masukkan air kaldu ayam yang telah disiapkan kedalam tumisan, lalu aduk rata.
  • Selanjutnya tambahkan irisan daging ayam, potongan bakso sapi, jamur hioko, caisim, daun bawang, lada bubuk dan saus tiram kedalam kaldu ayam kemudian aduk rata dan masak kaldu ayam hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, tambahkan larutan tepung maizena kemudian aduk rata hingga air kaldu ayam mengental. Setelah air kaldu ayam mengental, masukkan telur kocak lalu aduk-aduk kembali secara merata agar telur tidak menggumpal. Tambahkan pula minyak wijen lalu aduk kembali hingga rata kemudian angkat kaldu ayam.
  • Terakhir siapkan kwetiau diatas piring saji kemudian siram dengan kuah kaldu ayam.
Kwetiau siram telah siap untuk disantap. Selamat mencoba dan semoga resep dan cara membuat kwetiau siram lezat ini dapat dipraktekkan dirumah anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar