Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI GANDUL LEZAT KHAS PATI

Selasa, 30 Juli 2013 0 komentar

Nasi gandul ialah suatu panganan berbahan pokok nasi yang hampir mirip dengan nasi pindang, akan tetapi cara penyajian nasi gandul ini menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Nasi gandul merupakan masakan khas dari daerah Pati, Jawa Tengah. Masakan ini biasanya menggunakan jeroan sapi, hati dan rempelo sapi, lidah sapi, atau juga daging sapi sebagai bahan utamanya. Nasi gandul sendiri memiliki jumlah kolesterol yang tinggi dikarenakan kandungan lemak yang cukup tinggi yang terdapat dari bahan-bahan seperti jeroan atau usus sapi yang digunakan.
Sebagai gantinya dalam resep kali ini akan digunakan daging sapi sebagai pengganti jeroan sapi. Adapun cara membuat nasi gandul antara lain :

Bahan-bahan yang dibutuhkan : 
1. 500 gram daging sapi.
2. 1 ½ liter santan cair atau encer.
3. 1 batang serai (geprak dan memarkan).
4. 2 lembar daun salam.
5. 1 ruas lengkuas kira-kira 2 cm.
6. Minyak goreng digunakan untuk menumis.
Bumbu yang dihaluskan : 
1. 4 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 3 buah cabai merah keriting.
4. 3 butir kemiri sangrai.
5. ½ sdm ketumbar sangrai.
6. 1 sdt merica halus.
7. 1 sdt jintan.
8. 1 ruas kencur kira-kira 1 cm.
9. 1 ruas jahe kira-kira 1 cm.
10. 1 sdt terasi bakar.
11. garam halus secukupnya.
12. ½ sdm gula merah kemudian sisir halus.

Cara membuat :
  • Pertama, bersihkan daging sapi kemudian potong-potong daging berbentuk dadu kecil. Lalu tiriskan.
  • Selanjutnya, panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan serai, daun salam dan lengkuas. Tumis bahan-bahan tersebut hingga harum.
  • Setelah itu, rebus santan yang telah disiapkan bersama dengan potongan daging sapi dan bumbu yang telah ditumis tadi. Rebus hingga mendidih dan daging terasa empuk.
  • Cara penyajiannya, siapkan selembar daun pisang yang telah dibersihkan lalu taruh diatas mangkuk atau piring saji, kemudian tambahkan nasi dan tuangkan pula rebusan daging sapi tadi bersama kuahnya.
Sajikan nasi gandul selagi hangat. Semoga resep dan cara membuat nasi gandul lezat khas Pati ini dapat membantu ibu-ibu menyajikan hidangan lezat dirumahnya. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar