Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE LAPIS LEGIT YANG MANIS DAN ENAK

Rabu, 17 Juli 2013 0 komentar

Kue lapis merupakan sejenis bolu yang dibuat secara berlapis-lapis ketikan memasaknya. Kue lapis juga merupakan bolu khas masyarakat Indonesia. Dalam pembuatan kue lapis ini, kita harus tetap menjaga serta memantau setiap lapisan kue ketika sedang dimasak didalam oven karena diperlukan ketelitian agar kue lapis yang dimasak menghasilkan kue lapis yang legit. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan apa resep dan bagaimana cara membuat kue lapis.

Bahan :

1. 30 butir telur ayam (ambil kuningnya saja).
2. 75 gram tepung terigu.
3. 500 gram margarine.
4. 300 gram gula pasir.
5. 3 sdm susu kental manis.
6. ½ sdt vanilla.

Cara membuat :
  • Mula-mula siapkan baskom kecil kemudian masukkan tepung terigu, margarine serta gula pasir kemudian kocok menggunakan mixer hingga halus.
  • Selanjutnya masukkan kuning telur satu persatu secara perlahan sambil kocok hingga adonannya mulai mengembang. Kemudian tambahkan pula susu kental manis dan vanilla lalu kocok kembali adonan dengan menggunakan mixer hingga rata.
  • Setelah itu, siapkan loyang persegi kemudian beri kertas roti pada bagian dalam alas loyang, lalu olesi bagian dalam loyang dengan sisa margarine secara merata.
  • Cara membuat takaran adonan agar lapisan kue tetap merata disetiap lapisnya : yaitu ambil cangkir teh kemudian masukkan adonan yang telah dikocok tadi kedalam cangkir. Selanjutnya masukkan adonan yang didalam cangkir tadi kedalam loyang kemudian panggang kedalam oven. Panggang kira-kira selama 5 menit atau sampai adonan matang. Ketika adoanan awal sudah matang, tekan adonan dengan alat penekan bolu agar permukaannya rata.
  • Lakukan cara yang sama seperti diatas untuk setiap lapisannya hingga seluruh adonan habis.
  • Pada langkah terakhir, cek kue lapis dengan cara menusukkan lidi kedalam kue apakah seluruh lapisan kue sudah benar-benar matang atau belum. Panggang hingga kue lapis benar-benar matang secara merata.
  • Setelah matang, angkat kue lapis dari oven lalu keluarkan kue lapis dari dalam loyang. Iris bagian permukaan kue lapis yang kira-kira tidak rata agar semua permukaan kue lapis terlihat rata.
Terakhir potong-potong kue lapis, lalu sajikan diatas piring kue. Selamat mencoba resep dan cara membuat kue lapis legit yang manis dan enak ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar