Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT BUBUR SUMSUM GURIH DAN ENAK

Kamis, 30 Januari 2014 0 komentar

Bubur Sumsum - Selamat pagi kepada paa pembaca setia artikel kami, penulis doakan semoga selalu diberikan kesehatan agar kita tetap dapat memasak hidangan lezat untuk keluarga. Pada kesempatan kali ini penulis ingin mencoba membahas resep mengenai suatu makanan yang bisa dibilang juga sebagai kudapan yaitu bubur sumum. Bubur sumsum merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat terkenal yang dibuat dari bahan dasar berupa tepung beras. Untuk membuat bubur sumsum ini selain menggunakan tepung beras, bahan-bahan lain yang digunakan seperti gula aren yang nantinya digunakan sebagai kuahnya lalu daun pandan, santan garam dan ditambah beberapa bahan tambahan lainnya. Dalam proses membuat makanan yang satu ini tidaklah sulit untuk dibuat, adapun dapat kita lihat apa saja bahan yang digunakan serta bagaimana cara mengolahnya secara lengkap antara lain sebagai berikut.
 
Bahan :
  1. 100 gram tepung beras.
  2. 500 ml santan kelapa kental.
  3. 1 lbr daun pandan ukuran 20cm ikat simpul.
  4. Garam halus secukupnya.
Bahan Kuahnya :
  1. 200 gr gula aren.
  2. 100 ml air matang.
  3. Garam halus secukupnya.
  4. 1 lbr daun pandan ukuran 20cm ikat simpul.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula aduk rata bahan-bahan seperti tepung beras, 250 gram santan kelapa, serta garam kemudian Sisihkan.
  • Selanjutnya masak hingga mendidih sisa 250 gram santan kelapa tadi bersam dengan lembaran daun pandan sambil diaduk rata. Kemudian masukkan adukan adonan tepung tadi kedalam rebusan santan lalu aduk sampai mengental dan adonan matang. Sisihkan,
  • Setelah itu untuk membuat kuahnya kita campurkan semua bahan lalu masak hingga mendidih dan mengental kemudian saring agar tidak tersisa butiran-butiran kasarnya.
  • Terakhir, sajikan bubur sumsum diatas mangkuk saji dengan siraman kuah gulanya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat bubur sumsum gurih dan enak ini. Semoga resep yang kami sajikan kali ini banyak memberikan manfaat bagi ibu-ibu dirumah untuk menghidangkan sajian sedap dirumahnya. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT BUBUR SUMSUM GURIH DAN ENAK

Bubur sumsum merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat terkenal yang dibuat dari bahan dasar berupa tepung beras. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar