Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES GOYOBOD MANIS DAN SEGAR

Sabtu, 24 Agustus 2013 0 komentar

Es Goyobod merupakan minuman tradisional khas yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Meskipun es ini berasal dari Jawa Barat, es goyobod juga sudah banyak didagangkan di daerah kota Bandung dengan menggunakan gorabak dorong dan berkeliling kampung. Es goyobod ini memiliki racikan berupa bahan dasar dari tepung hunkue, sehingga memiliki rasa yang gurih dan lembut di lidah ketika kita mencicipinya. Minuman ini juga mempunyai cita rasa yang khas dan unik dan sangat pas jika dimaksudkan untuk mengembangkan bisnis dengan menjual es goyobod. Karena pada saat bulan Ramadhan, minuman dingin dan segar ini sangat laris diserbu pembeli. Untuk cara membuat es ini tidaklah sulit, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Bahan yang dibutuhkan :
  1. 75 gram tepung Hunkue.
  2. 350 ml air matang.
  3. 75 gram tape singkong.
  4. 75 gram kolang kaling (rebus kemudian potong menjadi 2 bagian).
  5. 1 buah alpukat (keruk bagian daging alpukatnya).
  6. 1 buah kelapa muda (keruk bagian daging kelapanya).
  7. 250 ml Santan kental (masak hingga mendidih sambil diaduk agar kandungan santan tidak pecah).
  8. Susu kental Manis.
  9. Es Serut.
Bahan untuk sirup :
  1. 150 gram Gula Pasir.
  2. 250 ml air bersih.
  3. Garam secukupnya.

Cara Membuat :
  • Untuk membuat Sirupnya : Rebus air bersama dengan gula dan garam sambil diaduk hingga larut, lalu angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, campur tepung hunkue dengan air matang lalu aduk hingga rata. Kemudian panaskan hingga adonan mengental sambil diaduk kembali dengan menggunakan api kecil.
  • Setelah itu tuangkan adonan tepung hunkue tadi kedalam loyang lalu diamkan sampai adonan membeku. Setelah adonan membeku, keluarkan adonan dari loyang lalu potong dadu kecil atau potong sesuai selera anda.
  • Kemudian siapkan gelas lalu masukan tape singkong, potongan kolang-kaling, alpukat, kelapa muda serta adonan goyobod yang dipotong dadu tadi dan es serut. Selanjutnya tuangkan santan, susu kental manis serta sirupnya yang telah diolah tadi.
Es goyobod sangat cocok sekali disantap ketika cuaca sedang panas terik atau sebagai hidangan penutup sehabis memakan hidangan utama. Semoga resep dan cara membuat es goyobod manis dan segar ini dapat membantu anda sekalian dalam membuatnya serta dapat berbagi resep-resep masakan khas Indonesia. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar