Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES SELENDANG MAYANG MANIS DAN LEZAT

Sabtu, 17 Agustus 2013 0 komentar

Daerah Jakarta khususnya betawi mempunyai beragam kuliner yang nikmat dan lezat. Salah satu jenis minuman dingin tradisional yang sangat terkenal di daerah Betawi adalah es selendang mayang. Dengan rasa yang manis, serta sedikit asin, dan akan semakin nikmat lagi ketika diberi serutan batu es. Akan tetapi es selendang mayang sebagai salah satu minuman dingin khas Betawi ini sudah jarang untuk kita jumpai.
Dari bentuk rupa es Selendang mayang akan banyak membuat orang penasaran bagaimana bentuk dan rupanya. Ketika dinikmati, campuran adonan dari sagu aren yang berkombinasi dengan rasa manis dari larutan gula aren dan kuah santan akan langsung terasa dilidah. Serta serutan batu es yang dicampurkan juga memberi sensasi segar ditenggorokan yang cocok sekali dinikmati saat cuaca panas. Dahulu warna dari adonan es selandang mayang hanya berupa merah dan putih. Akan tetapi kini sudah ditambahkan dengan warna hijau dari sari daun suji agar terdapat lebih banyak warna.
Keunikan dari minuman dingin ini yaitu penggunaan sebilah bambu untuk memotong-motong selendang mayangnya. Selanjutnya disajikan bersama dengan larutan gula aren, kuah santan serta serutan es batu.

Di artikel kali ini akan dibahas mengenai apa resep serta bagaimana cara membuat es selendang mayang ini.

Bahan :
  1. 75 gram tepung beras.
  2. 100 gram tepung sagu aren.
  3. 50 ml air daun suji.
  4. 1000 ml air matang.
  5. ½ sdm garam halus.
  6. Es serut (secukupnya).
  7. 3 tetes pewarna merah untuk makanan.
Bahan kuah santan :
  1. 500 ml santan.
  2. 3 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  3. 1/2 sdt garam halus.
Bahan Saus :
  1. 1000 ml air matang.
  2. 500 gram gula aren (sisir halus).
  3. 100 gr gula pasir.
  4. 1 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
Cara membuat :
  • Pertama, rebus terlebih dahulu 1000ml air bersama dengan air daun suji tepung sagu aren, tepung beras dan garam sambil di aduk-aduk hingga adonan terlihat meletup-letup kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Untuk bagian pertama tambahkan air daun suji, untuk bagian kedua tambahkan pewarna merah untuk makanan dan bagian yang ketiga biarkan tetap dengan warna dasarnya.
  • Selanjutnya, siapkan loyang persegi dengan ukuran kira-kira 24 x 10 x 4 cm yang sebelumnya sudah diberi olesan margarin hingga rata. Kemudian tuangkan adonan hijau kedalam loyang, lalu tuangkan pula adonan putih di atas adonan hijau, dan yang terakhir tuangkan pula adonan merah di atas adonan putih. Lalu diamkan sampai adonan dingin lalu potong-potong sesuai dengan selera anda.
  • Untuk membuat kuah santan : rebus santan bersama dengan daun pandan dan garam halus sambil di aduk sampai mendidih kemudian angkat dan tiriskan.
  • Untuk membuat bahan saus : rebus air bersama dengan gula aren, gula pasir, dan daun pandan sambil di aduk pula sampai mendidih kemudian angkat dan tiriskan.
  • Terakhir, siapkan cangkir atau gelas lalu sajikan potongan-potongan selendang mayang bersama dengan es serut, kuah santan dan sausnya.
Semoga resep dan cara membuat es selendang mayang manis dan lezat ini dapat membantu anda dirumah untuk mencoba membuatnya. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar