Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT BAKWAN UDANG GORENG GARING DAN LEZAT

Jumat, 09 Agustus 2013 0 komentar

Bakwan merupakan jenis makanan gorengan yang diolah dari tepung terigu dan irisan sayur-sayuran yang terdiri dari taoge, irisan kubis, biji jagung manis yang kemudian digoreng dalam minyak panas. Di daerah Jawa khususnya Jawa Barat, bakwan dikenal dengan sebutan 'bala-bala', sedangkan di Jepang bakwan dikenal dengan sebutan yasai tenpura atau tempura sayur. Banyak variasi bahan yang dapat digunakan untuk membuat bakwan, ada yang menambahkan udang utuh didalam adonannya yang kemudian disebut bakwan udang. Adapun cara membuat bakwan sebagai berikut :

Bahan-bahan :

  1. 250 gram tepung terigu.
  2. 200 ml air matang.
  3. 75 gram tauge (bersihkan lalu siangi).
  4. 50 gram kubis (iris-iris tipis).
  5. 50 gram wortel (iris-iris tipis membentuk lidi).
  6. 1 batang daun bawang (iris-iris tipis).
  7. 2 batang seledri (cacah kasar).
  8. 350 gram udang kecil (bersihkan lalu siangi kulitnya).
  9. minyak untuk menggoreng.
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 3 siung bawang putih.
  2. ½ sdt merica butiran.
  3. garam secukupnya.
  4. Bumbu penyedap secukupnya.
  5. (Ulek halus semua bahan bumbu yang dihaluskan).
Cara membuat bakwan :
  • Mula-mula kocok lepas telur ayam kemudian aduk bersama dengan bumbu yang dihaluskan. Selanjutnya siapkan baskom kecil kemudian masukkan tepung terigu, air matang, serta kocokan telur yang telah diaduk bersama dengan bumbu halus tadi kemudian aduk adonan hingga merata.
  • Setelah adonan tercampur rata. masukkan sayur-sayuran seperti tauge, kubis, wortel, daun bawang, serta daun seledri lalu aduk kembali hingga rata.
  • Selanjutnya, panaskan minyak goreng kemudian masukkan adonan bakwan kira-kira 2 sendok makan kedalam minyak goreng lalu tambahkan pula 1 ekor udang diatasnya. Lakukan untuk setiap adonan hingga adonan bakwan dan udang habis. Goreng adonan hingga matang dan garing.
Terakhir, angkat dan sajikan bakwan udang diatas pring saji bersama sambal botol atau cabai rawit. Semoga resep dan cara membuat bakwan udang goreng garing dan lezat ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar