Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE PASTEL ENAK DAN GURIH

Jumat, 30 Agustus 2013 0 komentar

Kue pastel adalah salah satu jenis jajanan pasar yang dapat dibilang populer serta mempunyai rasa yang gurih. Kue pastel memiliki rasa yang hampir sama dengan risoles, yaitu mempunyai beragam isian didalamnya. Hanya saja bentuk serta kulit dari kue pastel agak sedikit berbeda dari pada risoles.
Dalam artikel kali ini akan dijelaskan apa saja bahan yang dibutuhkan serta bagaimana cara membuat jajanan pasar yang gurih ini.

Bahan-bahan untuk kulit pastel :

  1. 300 gram tepung terigu.
  2. 50 gram mentega atau margarin.
  3. 1 butir telur ayam.
  4. 100 ml air matang (yang masih hangat).
  5. garam halus (secukupnya).
  6. minyak goreng (secukupnya).
Bahan Isi :
  1. 150 gram daging sapi giling (atau bisa diganti dengan daging ayam giling).
  2. 60 gram wortel (kupas lalu potong dadu kecil).
  3. 60 gram kentang (kupas lalu potong dadu kecil).
  4. 25 gram soun (rendam dalam air hangat).
  5. 3 butir telur ayam rebus (buang kulitnya lalu potong kecil).
  6. 100 ml susu cair.
  7. 2 batang daun bawang (iris tipis).
  8. 2 batang seledri (iris tipis).
  9. 5 siung bawang merah (tumbuk halus).
  10. 4 siung bawang putih (tumbuk halus).
  11. 1/2 sdm garam halus.
  12. 1/2 sdm gula pasir.
  13. 1/2 sdm lada bubuk.
  14. 2 sdm margarin (untuk menumis).
Cara membuatnya :
  • Pertama, campurkan semua bahan untuk membuat kulit pastel, kemudian tuangkan air hangat secara perlahan sedikit demi sedikit sambil adonan kulit diaduk hingga adonan dapat diuleni dan tidak lengket ditangan. Selanjutnya ambil adonan kulit kira-kira 5 sendok makan kemudian pipihkan dan cetak bulat adonan dengan diameter kira-kira 15 cm. Bentuk semua adonan hingga adonan habis lalu sisihkan diatas nampan yang sudah diberi sedikit tepung terigu agar tidak lengket.
  • Setelah itu, panaskan margarin kemudian tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Lalu masukkan daging sapi giling sambil diaduk rata. Setelah daging berubah warna, masukkan wortel, kentang, soun, garam, gula pasir, lada serta susu cair, masak hingga semua bahan matang. Selanjutnya masukkan pula irisan daun bawang dan seledri sambil diaduk, kemudian setelah semua selesai angkat dan dinginkan.
  • Tahap selanjtnya, ambil selembar adonan kulit tadi lalu beri bahan isian yang telah dimasak tadi serta potongan telur rebus. beri olesan disetiap tepi adonan kulit dengan air hangat kemudian lipat adonan kulit menjadi setengah lingkaran. Setelah itu, pilin bagian tepi adonan kulit agar tertutup rapat. Lakukan untuk hingga adonan kulit serta bahan isian yang telah dimasak tadi habis.
  • Terakhir, panaskan minyak goreng lalu goreng semua pastel hingga matang dengan warna coklat keemasan. setelah kue pastel matang, angkat dan tiriskan kue pastel dan sajikan diatas piring saji.
Semoga resep dan cara membuat kue pastel enak dan gurih ini bermanfaat dan dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam membuatnya. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar