Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE NAGASARI MANIS DAN LEZAT

Rabu, 21 Agustus 2013 0 komentar

Kue nagasari merupakan jajanan tradisional khas dari Indramayu Jawa Barat. kue ini merupakan sejenis kue yang dibuat dari tepung beras, tepung tapioka, santan kelapa, gula pasir dan kemudian diisi dengan potongan pisang. Kue nagasari ini juga biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus.
Adapula beberapa jenis variasi dari kue nagasari diantaranya ada yang berwarna polos atau putih, biru, merah dan hijau serta dengan isian buah yang beraneka ragam pula seperti apel atau nangka sebagai pengganti pisangnya.
Dalam artikel kali ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara membuat kue ini.

Bahan-bahan :
  1. 250 gram tepung hunkwe.
  2. 100 gram tapioka.
  3. 750 ml santan kelapa kental.
  4. 250 gram gula pasir (kwalitas baik).
  5. 2 lembar daun pandang (masing-masing dengan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  6. 5 buah pisang kepok atau pisang raja (buang kulitnya lalu potong menyerong).
  7. daun pisang secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula masak santan bersama dengan daun pandan dan gula pasir hingga mendidih.
  • Kemudian diwadah terpisah larutkan tepung hunkwe dengan menggunakan sedikit air. Setelah itu masukkan tepung hunkwe ke dalam rebusan santan lalu masak kembali dengan api kecil sambil adonan diaduk hingga adonan setengah matang dan mengental secara merata, kemudian angkat.
  • Selanjutnya, ambil satu lembar daun pisang lalu taruh sekitar 3 sendok makan adonan tadi keatas daun pisang. Kemudian letakkan pula potongan pisang di bagian tengah adonan selanjutnya tutup lagi dengan adonan.
  • Bungkus dengan rapi adonan tadi cara melipat bagian sudutnya. Lakukan hingga semua adonan habis.
  • Terakhir, kukus semua adonan yang telah terbungkus hingga benar-benar matang. Setelah kue matang, angkat dan sajikan kue nagasari diatas piring saji.
semoga resep dan cara membuat kue nagasari manis dan lezat ini bisa membantu ibu-ibu sekalian dirumah dalam membuatnya. selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar