Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT BAJIGUR HANGAT KHAS SUNDA

Selasa, 06 Agustus 2013 0 komentar

Bajigur merupakan salah satu minuman hangat tradisional dari daerah Jawa Barat khususnya di daerah Sunda, Indonesia. Bahan utama untuk membuat bajigur ini antara lain jahe, vanili bubuk, gula aren, santan serta ditambah sedikit garam. Dalam penyajian minuman hangat ini, seringkali ditambah dengan sedikit potongan buah kolang-kaling, dan juga dihidangkan bersama dengan kacang rebus atau ubi rebus. Bajigur sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca dingin atau sedang turun hujan.
Seiring dengan berkembangnya zaman yang begitu pesat, bajigur ada yang dikemas dalam bentuk instan seperti bubuk kopi yang tinggal diseduh dengan air panas saja, dengan tujuan supaya dapat dinikmati secara mudah tanpa perlu repot-repot. Adapun cara membuat bajigur secara tradisonal sebagai berikut.
Bahan-bahan :
  1. 1 ruas jahe (bakar lalu bersihkan kulitnya).
  2. 1 ½ liter santan kelapa.
  3. 250 gram gula aren (sisir halus).
  4. 1 ruas kayu manis ukuran 3 cm.
  5. 2 lembar daun pandan (ukuran 20 cm lalu ikat simpul).
  6. 1 sdm gula pasir.
  7. 1 sdm kopi bubuk.
  8. ½ sdt vanili bubuk.
  9. ½ sdt garam halus.
  10. Irisan buah kolang-kaling secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula masak hingga mendidih santan kelapa bersama daun pandan, gula aren, serta gula pasir sambil diaduk-aduk dimaksukan agar kandungan dari santan kelapa tidak pecah.
  • Setelah itu, tambahkan jahe, kayu manis, daun pandan, kopi bubuk, vanili bubuk, garam halus, serta kolang-kaling lalu masak hingga mendidih kemudian angkat dan saring airnya.
  • Terakhir, sajikan bajigur selagi hangat.
Selamat mencoba resep dan cara membuat bajigur hangat khas Sunda ini, semoga dapat membantu anda dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar