Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI LENGKO GURIH DAN LEZAT KHAS CIREBON

Kamis, 15 Agustus 2013 0 komentar

Nasi lengko merupakan salah satu makanan khas warga pantai utara yang meliputi daerah Indramayu, Tegal, hingga Cirebon serta daerah-daerah sekitaran pantai utara lainnya. Makanan ini memiliki serat, protein dan juga rendah kalori karena bahan yang dipakai adalah bahan-bahan seperti nasi putih yang hangat, bumbu kacang, tempe dan tahu yang digoreng, irisan buah mentimun, tauge, daun kucai yang diiris halus, taburan bawang goreng, serta kecap manis. Tempe serta tahu goreng ini dipotong berbentuk dadu kecil atau sesuai selera dan disajikan di atas nasi. Dalam penyajiannya, ada beberapa penikmat nasi lengko meminta untuk diberi sedikit minyak goreng bekas menggoreng tempe dan tahunya. Biasanya nasi lengko ini dihidangkan bersama dengan beberapa tusuk sate agar lebih nikmat ketika dimakan.
Dalam artikel kali ini akan dijelaskan apa resep serta bagaimana cara membuat nasi lengko ini.
Bahan :
  1. 1 ½ piring nasi putih.
  2. ½ bungkus tempe (iris berbentuk kotak-kotak kecil sesuai selera).
  3. 2 potong tahu putih (iris berbentuk kotak-kotak kecil sesuai selera).
  4. 75 gram tauge (siangi kemudian rendam dalam air hangat).
  5. Daun kucai secukupnya (iris-iris halus).
  6. Bawang goreng secukupnya.
  7. Kecap manis secukupnya.
  8. Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng).
Bahan untuk Sambal :
  1. 150 gram kacang tanah.
  2. 2 siung bawang putih (tidak perlu diiris).
  3. 3 siung bawang merah (tidak perlu diiris).
  4. 10 buah cabai rawit.
  5. 3 buah cabai merah keriting.
  6. ½ sdm garam halus.
  7. Kira-kira 100 ml air masak.
Cara Membuatnya :
  • Pertama, panaskan minyak goreng kemudian goreng tempe dan tahu hingga matang lalu angkat.
  • Selanjutnya, goreng kacang tanah hingga berwarna kecoklatan dan matang. Setelah kacang matang lalu angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya cara membuat sambalnya : mula-mula, goreng semua bahan untuk sambal sampai matang (terkecuali garam halus dan air) kemudian angkat. Setelah itu ulek hingga halus bahan yang telah digoreng tadi bersama garam halus, air, dan kacang tanah.
  • Terakhir, siapkan nasi hangat diatas piring saji lalu tambahkan diatasnya potongan tahu dan tempe goreng, tauge, irisan daun kucai, serta taburi pula dengan bawang goreng. Dan jangan lupa beri sambal kacang serta kecap manis diatas nasinya.
Nasi lengko sudah siap untuk disantap bersama dengan emping, irisan buah mentimun serta beberapa tusuk sate kambing. Semoga resep dan cara membuat nasi lengko gurih dan lezat khas Cirebon ini dapat membantu ibu-ibu dirumah untuk membuatnya. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar