Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR LODEH ENAK DAN LEZAT

Sabtu, 03 Agustus 2013 0 komentar

Sayur lodeh merupakan masakan berkuah santan khas Indonesia. Sayur lodeh memiliki beberapa variasi yang ada di bumbu santannya, ada ada sayur lodeh yang kuahnya berwarna putih dan ada juga sayur lodeh yang kuahnya berwarna kemerahan. Bahan pokok yang dipakai dalam membuat sayur lodeh antara lain santan, labu siam, potongan kacang panjang, buah melinjo, terong ungu, cabai, dan potongan jagung kecil. Masakan sayur seperti ini sangat cocok bila dimakan bersama lauk seperti ikan sambal ataupun ikan asin. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana proses pembuatan sayur lodeh.

Bahan-bahan :
1. 1 buah labu siam (potong kotak).
2. 1 buah terong ungu (potong kotak).
3. 7 buah jagung kecil (potong jadi 2 bagian).
4. 3 buah kacang panjang (potong kecil).
5. 2 buah cabai merah (potong kecil).
6. buah serta daun melinjo tergantung selera.
7. 250 ml santan kelapa.
8. 400 ml air matang.
9. ½ sdm garam halus.
10. Bumbu penyedap secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :
1. 4 siung bawang merah.
2. 3 siung bawang putih.
3. 4 butir kemiri (sangrai).
4. 1 ruas lengkuas (bakar).
5. ½ sdm gula merah (sisir halus).
6. ½ sdt terasi bakar.

Cara membuatnya :
  • Mula-mula ulek halus semua bumbu yang dihaluskan. Kemudian siapkan minyak panas lalu tumis bumbu tersebut hingga wangi, tiriskan.
  • Setelah itu, rebus air bersama labu, terong, jagung, kacang panjang, cabai, daun serta buah melinjo yang telah disiapkan tadi.
  • Kemudian tambahkan pula bumbu tumis, santan, garam serta bumbu penyedapnya. Aduk rata lalu masak kesemua bahan hingga matang.
Setelah sayur lodeh matang, angkat dan tuangkan diatas mangkuk lalu sajikan sayur lodeh bersama dengan nasi hangat serta lauknya. Semoga resep dan cara membuat sayur lodeh enak dan lezat ini dapat membantu anda dirumah dalam mempelajarinya. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar